Akademisi FEB Unpad Luncurkan Buku “Ekonomi Kependudukan”

[unpad.ac.id, 13/12/2018] Dua akademisi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran Prof. Dr. Sutyastie Soemitro Remi, M.S., dan Dr. Ferry Hadiyanto, M.A., meluncurkan buku “Ekonomi Kependudukan: Teori dan Kebijakan”. Buku ini merupakan hasil penelitian Prof. Sutyastie dan Dr. Ferry melalui hibah Academic Leadership Grant (ALG) Unpad.

Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Tri Hanggono Achmad saat menyampaikan paparan kunci dalam acara “Evaluasi dan Pemetaan Isu Strategis Program KKBPK Jawa Barat” yang digelar digelar atas kerja sama Unpad, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional, dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, di Kabupaten Pangandaran, Selasa (12/12) lalu. (Foto: BKKBN Jawa Barat)

Peluncuran buku ini digelar di sela pertemuan Kelompok Kerja (Pokja) Advokasi Kampung Keluarga Berencana dari 25kota/kabupaten di Jawa Barat di Kabupaten Pangandaran, Selasa (12/12) lalu. Acara bertajuk “Evaluasi dan Pemetaan Isu Strategis Program KKBPK Jawa Barat” ini digelar atas kerja sama Unpad, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional, dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Secara singkat, buku “Ekonomi Kependudukan” diambil dari hasil penelitian tim ALG Prof. Sutyastie tentang “Strategi Optimasi Bonus Demografi Jawa Barat”. Dalam buku ini dibahas beberapa materi terkait fertilitas dan moralitas, migrasi, kebijakan kependudukan, bonus demografi, kependudukan dan masalah sosial, serta ketenagakerjaan.

“Kehadiran buku ini diharapkan mampu mengisi kekosongan referensi tentang kependudukan, baik di kampus maupun kalangan birokrasi,” kata Prof. Sutyastie dalam rilis yang diterima Humas Unpad.

Selain peluncuran buku, pertemuan tersebut juga digelar diskusi yang membahas berbagai isu strategis terkait kependudukan di Jawa Barat. Rektor Unpad Prof. Tri Hanggono Achmad menjadi pembicara kunci pada pertemuan ini.

Di hadapan pejabat yang membidangi advokasi program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK), Rektor menjelaskan tentang peran perguruan tinggi dalam pembangunan kependudukan dan keluarga berencana. Pembicara lain dalam pertemuan tersebut yaitu Prof. Sutyastie Soemitro Remi dan Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Barat Teguh Santoso, serta moderator Dr. Ferry Hadiyanto.*

Rilis/am

The post Akademisi FEB Unpad Luncurkan Buku “Ekonomi Kependudukan” appeared first on Universitas Padjadjaran.