Angkat Konsep Penguatan Peran Tenaga Kesehatan, Tiga Mahasiswa Unpad Raih Prestasi di Universitas Andalas

[unpad.ac.id, 7/5/2018] Tiga mahasiswa Universitas Padjadjaran berhasil meraih juara kedua dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Kebencanaan Nasional yang digelar di Universitas Andalas, Padang, 2 – 4 Mei lalu.

Tiga mahasiswa Universitas Padjadjaran, Asep Solahudin (Fakultas Keperawatan), Akhmad Syaikhu Firizal (Fakultas Kedokteran), dan Anissa Faradilla (Fakultas Psikologi), berhasil meraih juara kedua dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Kebencanaan Nasional yang digelar di Universitas Andalas, Padang, 2 – 4 Mei lalu.*

Tiga mahasiswa tersebut, Asep Solahudin (Fakultas Keperawatan), Akhmad Syaikhu Firizal (Fakultas Kedokteran), dan Anissa Faradilla (Fakultas Psikologi) tergabung dalam Tim Medikal Kompleks Unpad. Dalam kompetisi itu, ketiganya mengangkat karya tulis berjudul “MDA (Medical on Disaster Application): Menuju Indonesia Tanggap Bencana Melalui Aplikasi Berbasis Telehealth”.

Meskipun berupa gagasan, konsep ini dinilai menjadi solusi efektif dengan menekankan peran tenaga kesehatan di dalam manajemen kebencanaan. Peningkatan peran ini tentu saja tetap memperhatikan koordinasi lintas sektoral di dalamnya.

Tim Unpad dinyatakan lolos seleksi dari 89 peserta lainnya dan masuk sebagai 10 finalis yang terpilih untuk mempresentasikan karya tulisnya di kampus Unand. Sepuluh finalis tersebut mendapat plakat penghargaan dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Unand.

Lomba karya tulis ilmiah ini merupakan rangkaian dari ajang Disaster Management Event V yang bersamaan dengan kegiatan International Conference on Disaster Management (ICDM) dan pertemuan ilmiah tahunan ke-5 riset kebencanaan 2018 yang diselenggarakan oleh Ikatan Ahli Kebencanaan Indonesia.*

Rilis/am

 

 

 

The post Angkat Konsep Penguatan Peran Tenaga Kesehatan, Tiga Mahasiswa Unpad Raih Prestasi di Universitas Andalas appeared first on Universitas Padjadjaran.