Awasi Konten Penyiaran, KPID Jawa Barat Gandeng Unpad

[unpad.ac.id, 24/4/2018] Universitas Padjadjaran menjadi salah satu perguruan tinggi mitra Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Barat dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Jalinan kemitraan tersebut diwujudkan melalui penandatanganan Piagam Kerja Sama antara KPID Jawa Barat dan Unpad.

Direktur Kerja Sama dan Korporasi Akademik Unpad Prof. Dr. Budi Setiabudiawan, dr., Sp.A(K)., M.Kes., melakukan penandatanganan PIagam Kerja Sama dengan Ketua KPID Jabar Dr. Dedeh Fardiah, M.Si., di sela kegiatan “Workshop Gerakan Media Sehat dan Pemirsa Cerdas” di Mini Ballroom Hotel Grand Asrilia, Bandung, Selasa (24/4). (Foto: Tedi Yusup)*

Penandatanganan tersebut dilakukan Ketua KPID Jabar Dr. Dedeh Fardiah, M.Si., dengan Direktur Kerja Sama dan Korporasi Akademik Unpad Prof. Dr. Budi Setiabudiawan, dr., Sp.A(K)., M.Kes., di sela kegiatan “Workshop Gerakan Media Sehat dan Pemirsa Cerdas” di Mini Ballroom Hotel Grand Asrilia, Bandung, Selasa (24/4).

Dalam penandatanganan itu, Unpad bersama 21 perguruan tinggi se-kota Bandung digandeng KPID untuk melaksanakan sejumlah agenda kerja sama. Sebagai lembaga pengawas terhadap konten siaran suara maupun televisi di Jawa Barat, KPID membutuhkan sinegitas dengan sejumlah pemangku kepentingan.

“Selama ini ada 336 konten siaran di Jabar yang harus diawasi. Sementara Komisioner di KPID Jabar hanya 7 orang. Kalau tidak dibantu, kami kewalahan,” ujar Dedeh.

Perguruan tinggi dinilai representatif dalam meningkatkan literasi media di masyarakat. Dedeh mengatakan, melalui kegiatan tridarma yang dilakukan perguruan tinggi, proses literasi media akan semakin efektif disampaikan kepada masyarakat.

Walaupun penandatanganan ini baru dilakukan, KPID Jabar sebelumnya telah banyak melakukan kerja sama informal dengan sejumlah perguruan tinggi. Kerja sama yang telah dilakukan diantaranya terkait program magang hingga penelitian bersama.

“Selama ini kami selalu bingung ketika ada kajian, kami harus kemana. Justru ke perguruan tinggilah kami akan bekerja sama,” kata Dedeh.

Wakil Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad Dr. Dadang Sugiana, M.Si., yang turut hadir dalam acara tersebut mengatakan, kerja sama tridarma ini menjadi langkah baik bagi pengembangan literasi media di Jawa Barat.  Ia menilai, pembangunan literasi media di masyarakat saat ini harus segera ditingkatkan.

“Saat ini gonjang-ganjing di masyarakat terkait beredarnya berita-berita hoaks salah satunya dipicu dengan mudah oleh kesalahan dalam menggunakan media,” ujar Dr. Dadang.

Ia melanjutkan, salah satu upaya peningkatan tersebut adalah dengan aktif melakukan pengabdian kepada masyarakat melalui berbagai pelatihan dan penyuluhan. Dengan menggandeng perguruan tinggi, kegiatan pengabdian ini tentunya telah didahului melalui serangkaian penelitian ilmiah.*

Laporan oleh Arief Maulana

The post Awasi Konten Penyiaran, KPID Jawa Barat Gandeng Unpad appeared first on Universitas Padjadjaran.