Bank Syariah Mandiri Bangun Bank Mini di Kampus FEB Unpad

[unpad.ac.id, 25/10/2017] Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Padjadjaran Dr. Arry Bainus, M.A., meresmikan Bank Mini LEAD yang berlokasi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unpad Jatinangor, Rabu (25/10). Bank Mini merupakan salah satu wujud kerja sama Unpad dengan Bank Syariah Mandiri untuk memfasilitasi para mahasiswa mengenal lebih dekat dunia perbankan, khususnya perbankan syariah.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Padjadjaran Dr. Arry Bainus, M.A., (kedua dari kanan) bersama Regional Head-Region IV/Jawa 1 Bank Syariah Mandiri Jeffry Prayana (kuda dari kiri) saat meresmikan Bank Mini LEAD di kampus FEB Unpad, Jatinangor, Rabu (25/10). (Foto: Tedi Yusup)*

“Inilah yang akan mendekatkan para mahasiswa, para peserta didik, dengan dunia nyata. Dengan cara-cara seperti ini, setidak-tidaknya, ketika menghadapi dunia kerja sudah terbiasa,” kata Dr. Arry dalam sambutannya.

Menurut Dr. Arry, mahasiswa generasi saat ini sudah tidak cukup hanya belajar dari buku. Mereka sendiri sudah melek informasi dari gawai. Lebih dari itu, mahasiswa membutuhkan simulasi langsung yang dekat dengan dunia nyata yang akan mereka hadapi nanti.

Lebih lanjut ia mengatakan, Bank Mini juga merupakan wujud pembelajaran transformatif, dimana proses pendidikan dilakukan dengan melibatkan berbagai pihak. Saat ini proses pendidikan tidak lagi eksklusif milik perguruan tinggi.

“Mudah-mudahan dengan adanya Mini Bank kita akan selalu menjadi institusi yang lebih jauh ke depan, lebih visioner,” harap Dr. Arry.

Sementara itu, Regional Head-Region IV/Jawa 1 Bank Syariah Mandiri Jeffry Prayana mengungkapkan bahwa Bank Mini ini dibangun untuk meningkatkan pendidikan di Unpad, khususnya terkait perbankan syariah. Ia pun berpesan agar para mahasiswa dapat memanfaatkan fasilitas ini sebaik mungkin.

“Harapannya, Mini Bank ini akan membuat teman-teman terutama dari mahasiswa, lebih siap lagi menyongsong pertumbuhan ekonomi, khususnya perbankan syariah di Indonesia,” harap Jeffry.



Padjadjaran Islamic Economic Summit

Pada kesempatan yang sama, Hima Ekonomi Islam FEB Unpad bekerja sama dengan Bank Syariah Mandiri menggelar Padjadjaran Islamic Economic Summit (PIES) di Bale Sawala, gedung Rektorat Unpad kampus Jatinangor. Kegiatan ini mengangkat tema “Meningkatkan Peran Industri Investasi Syariah di Indonesia dalam Pembangunan Negara”.

Dalam seminar tersebut, hadir sebagai pembicara Head of Group Learning Center Bank Syariah Mandiri Firman Jatnika, Direktur Dompet Dhuafa (2013-2016) & Co-Founder Koperasi 212 Dr. Ahmad Juwaini, S.E., MM., Head of Islamic Capital Development Indonesia Stock Exchange Irwan Abdalloh, S.E.,MM., dan The Youngest Propertypreneur in Southeast Asia 2015 & Founder of Alzin Group Abdul Majid Alzindani.

Laporan oleh Artanti Hendriyana/am

The post Bank Syariah Mandiri Bangun Bank Mini di Kampus FEB Unpad appeared first on Universitas Padjadjaran.