Bantu Atasi Masalah Perkotaan, Pemkot Bandung Jalin Kerja Sama dengan Unpad

[unpad.ac.id, 14/12/2018] Pemerintah Kota Bandung menjalin kerja sama dengan Universitas Padjadjaran dalam menyelesaikan berbagai persoalan kota. Kerja sama ini diwujudkan melalui penandatanganan naskah Kesepakatan Bersama oleh Wali Kota Bandung Oded Muhammad Danial dengan Rektor Unpad Prof. Tri Hanggono Achmad yang diwakili Direktur Kerja Sama dan Korporasi Akademik Prof. Budi Setiabudiawan di Pendopo Kota Bandung, Jumat (14/12).

Direktur Kerja Sama dan Korporasi Akademik Unpad Prof. Budi Setiabudiawan (kanan) mewakili Rektor Unpad Prof. Tri Hanggono Achmad dalam penandatanganan naskah Kesepakatan Bersama dengan Wali Kota Bandung Oded Muhammad Danial di Pendopo Kota Bandung, Jumat (14/12). (Foto: Tedi Yusup)*

Dalam kesempatan tersebut, Oded mengatakan, kolaborasi menjadi salah satu dari tiga pilar strategis yang dilakukan Pemkot Bandung dalam mewujudkan Bandung yang unggul, nyaman, dan agamis. Dua pilar lainnya yakni inovasi dan desentralisasi.

“Kebijakan strategis dalam menghadirkan Kota Bandung yang unggul, saya yakin yang namanya kolaborasi dengan semua unsur adalah suatu keniscayaan,” kata Oded.

Oded mengatakan, beragam perolehan prestasi di Kota Bandung tidak lepas dari peran kolaborasi sejumlah pihak. Ini membuktikan bahwa kolaborasi menjadi kunci untuk membawa Bandung keluar dari beragam permasalahan.

Dengan Unpad, Oded juga berharap kerja sama ini tidak sekadar seremonial belaka. “Harus ada implementasinya di lapangan,” kata Oded.

Sementara itu Prof. Budi menyampaikan, Unpad siap membantu Pemkot dalam menjalankan sejumlah rencana program di Kota Bandung. Unpad akan membantu Pemkot dalam memberikan rekomendasi atau solusi terhadap permasalahan di Kota Bandung melalui riset.

“Penelitian yang dilakukan tidak lagi penelitian teori, tetapi penelitian yang kira-kira di Bandung ada masalah apa, ini yang akan diangkat sehingga dapat langsung diimplementasikan dan jadi solusi dari permasalahan,” kata Prof. Budi.

Usai penandatanganan Kesepakatan Bersama, pihak Unpad yang diwakili Kepala Kantor Pengelolaan Lingkungan Dr. Teguh Husodo menyampaikan presentasi terkait pengelolaan sampah di lingkungan Unpad melalui Laboratorium Pengelolaan Sampah. Hal ini diharapkan menjadi salah satu rekomendasi penanganan sampah terpadu untuk menyelesaikan masalah sampah di Kota Bandung.

Selain dengan Unpad, Oded juga menandatangani Kesepakatan Bersama dengan Pemkab Kubu Raya, Pemkab Lampung Selatan, Universitas Telkom, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia, serta Sekolah Tinggi Farmasi Indonesia Bandung.*

Laporan oleh Arief Maulana

The post Bantu Atasi Masalah Perkotaan, Pemkot Bandung Jalin Kerja Sama dengan Unpad appeared first on Universitas Padjadjaran.