Bertemu Mahasiswa, Ini Pesan Para Kepala Daerah di Jawa Barat

[unpad.ac.id, 21/08/2017] Perwakilan mahasiswa baru Universitas Padjadjaran tahun akademik 2017/2018 dari 27 Kota/Kabupaten se-Jawa Barat melakukan pertemuan dan diskusi dengan para pimpinan daerah wilayah masing-masing, usai Upacara Penerimaan Mahasiswa Baru di Kampus Jatinangor, Senin (21/08).

Suasana pertemuan mahasiswa dan pimpinan daerah di kampus Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unpad, Jatinangor, Senin (21/03). (Foto: Sofyan)*

Pertemuan tersebut digelar di beberapa lokasi kampus Jatinangor. Di gedung Rektorat, pertemuan digelar antara Wakil Walikota Sukabumi Achmad Fahmi dan perwakilan mahasiswa asal Kota Sukabumi di Bale Sawala. Dalam pertemuan yang difasilitasi Dosen FISIP Unpad Dr. Soni A. Nulhaqim, S.Sos., M.Si., tersebut, Achmad Fahmi mendorong mahasiswa Sukabumi untuk menorehkan prestasi di Unpad.

“Selesaikan studi tepat waktu, jangan sampai ada yang tidak berprestasi,” kata Achmad.

Ia pun berpesan agar mahasiswa mampu menjadi agen perubahan bangsa. Perubahan ini dapat dimulai dengan mulai mengubah pola pikir mahasiswa, yaitu berkuliah bukan untuk mencari kerja, namun mampu menciptakan lapangan kerja.

Pesatnya perkembangan teknologi perlahan mulai menggantikan aktivitas yang rutin dilakukan manusia. Dengan kata lain, teknologi akan meminimalisasi jumlah tenaga kerja yang ada. Ini berarti, kesempatan kerja akan berangsur sempit.

Untuk itu, mahasiswa mulai saat ini harus mampu melahirkan semangat menciptakan lapangan kerja. “Jangan sampai setelah lulus, kalian kerepotan mencari kerja sambil menenteng-nenteng ijazah,” jelasnya.

Achmad juga berpesan agar mahasiswa yang sudah menempuh studi di Unpad dapat kembali lagi ke Sukabumi. “Silakan berkarya, berprestasi, dan kembali lagi ke Sukabumi. Bangun Sukabumi bersama,” ujar Achmad.

Guna menunjang aktivitas mahasiswa, pihaknya akan berdiskusi dengan Walikota Sukabumi H. Mohammad Muraz untuk menguatkan rencana pembangunan asrama khusus mahasiswa Sukabumi.

“Alhamdulillah, lahannya sudah ada di Unpad, nanti Pemerintah tinggal bangun sesuai kemampuan,” kata Achmad.

Pertemuan juga digelar di kampus Fakultas Ilmu Budaya. Di kampus tersebut, pertemuan dilaksanakan bagi mahasiswa dan pimpinan dari Kab. Garut, Kab. Pangandaran, Kab. Tasikmalaya, Kab. Bogor, Kab. Subang, dan Kota Bandung.

Pada pertemuan antara mahasiswa Garut dengan Bupati Garut H. Rudy Gunawan, mahasiswa asal Garut diharapkan jangan sampai putus kuliah karena tidak mampu mencukupi kebutuhan sehari-hari. Pihaknya siap membantu para mahasiswa jika ditemukan ada kendala kuliah dari sisi finansial.

Rudy juga menjelaskan, pada tahun ini akan dimulai pembangunan asrama di kawasan kampus Unpad Jatinangor bagi mahasiswa asal Garut. Pembangunan asrama ini menjadikan Garut sebagai kota pertama yang memiliki asrama khusus untuk mahasiswanya di kampus Unpad.

Pada pertemuan di Kabupaten Pangandaran, Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata mengajak para mahasiswa untuk membuktikan pentingnya berkuliah dengan menunjukkan sederet prestasi. Ia pun berpesan agar mahasiswa Pangandaran mampu menjaga nilai dan norma kedaerahan yang diintegrasikan dengan pemikiran modern.

Selain di dua lokasi tersebut, pertemuan juga digelar di Kampus FISIP (Kab. Majalengka, Kab. Kuningan, Kab. Sukabumi, Kab. Indramayu, dan Gubernur Maluku), Fakultas Farmasi (Kota Tasikmalaya, Kab. Sumedang, Kota Banjar, Kota Cimahi), Fakultas Kedokteran Gigi (Kab. Ciamis, Kab. Purwakarta, Kab. Cirebon, Kab. Bandung Barat), dan kampus Fakultas Kedokteran (Kota Bekasi, Kota Bogor, Kota Depok, Kab. Cianjur, Kab. Karawang, Kab. Bekasi).*

Laporan oleh Atika Fitriani, Desi Mariana Purba, Arief Maulana

The post Bertemu Mahasiswa, Ini Pesan Para Kepala Daerah di Jawa Barat appeared first on Universitas Padjadjaran.