Departemen Perikanan Unpad Bina Kelompok Budidaya Ikan Lele di Cileunyi

[unpad.ac.id, 23/7/2018] Departemen Perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Padjadjaran mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Sekejengkol, Desa Cileunyi Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, Rabu (18/7) lalu.

Suasana kegiatan pembinaan kelompok budidaya ikan lele di Sekejengkol, Desa Cileunyi Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kab. Bandung oleh tim pengabdian kepada masyarakat Departemen Perikanan Universitas Padjadjaran, Rabu (18/7) lalu.*

Kegiatan pengabdian yang dilakukan adalah membina kelompok pembudidaya ikan lele. Kelompok ini dibentuk oleh seorang praktisi budidaya lele di wilayah tersebut, yaitu Deni. Pembinaan dilakukan karena masih kurangnya pengetahuan anggota kelompok terkait pengelolaan budidaya lele.

Menggandeng angggota kelompok pembudidaya serta para mitra di Sekejengkol, sebanyak 15 dosen dan tenaga kependidikan dari Departemen Perikanan Unpad, serta satu penyuluh perikanan Ibnu Dwi Buwono, M.Si., melakukan kegiatan pembinaan. Turut hadir Kepala Departemen Perikanan Unpad Prof. Dr. Junianto, Ir., M.P.

Dilansir dari rilis yang diterima Humas Unpad, upaya pembinaan meliputi pemberian materi teknik pemijahan ikan yang disampaikan oleh Ibnu. Materi dilanjutkan dengan praktik sederhana pemijahan buatan ikan lele menggunakan hormon ovaprim dan HCG untuk menghasilkan produk unggulan.

Dosen FPIK Unpad, Dr. Atikah Nurhayati, M.Si., juga memberikan materi mengenai kelembagaan budidaya ikan. Ke depan, menurut Dr. Atikah, Departemen Perikanan akan membantu proses registrasi kelembagaan para kelompok budidaya ikan di Desa Cileunyi Wetan.

Ada pun materi terakhir disampaikan oleh Ibnu Bangkit, M.Si., terkait penggunaan kalium diformat pada pakan ikan. Seluruh pemberian materi dimoderatori oleh Dosen FPIK Unpad Dr. Rita Rostika.

Melalui pembinaan ini, pembudidaya dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman terhadap permasalahan budidaya ikan. Para pembudidaya juga diharapkan memiliki pengetahuan dalam memasarkan produksi ikannya. Kegiatan ini direncakan akan dilakukan dalam beberapa pertemuan rutin dengan materi yang berbeda hingga Desember mendatang.*

Rilis: Departemen Perikanan Unpad/am

The post Departemen Perikanan Unpad Bina Kelompok Budidaya Ikan Lele di Cileunyi appeared first on Universitas Padjadjaran.