Dua Mahasiswa Sastra Jepang Unpad Ikuti Pertukaran Pelajar di Kwansei Gakuin University

[Unpad.ac.id, 21/02/2017] Dua mahasiswa Sastra Jepang Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unpad, Stefano Valentino Sugianto dan Atika Kurnia Kurnia terpilih untuk mengikuti program pertukaran pelajar di Kwansei Gakuin University (KGU), Jepang. Mereka akan mengikuti program tersebut di Semester Musim Semi pada 24 Maret 2017 hingga 27 Januari 2018 mendatang.

humas-unpad-dua-mahasiswa-pertukaran-pelajar-kgu

Kedua mahasiswa tersebut terpilih atas serangkaian proses seleksi yang telah dilakukan, mulai dari tingkat fakultas hingga universitas. Penilaian dilihat dari keunggulan akademik serta sejumlah persyaratan lain yang telah ditentukan.

“Untuk mengikuti program ini banyak tes yang harus dilalui oleh delegasi. Alur seleksi yang pertama adalah pengumpulan berkas berupa transkip nilai, curriculum vitae, esai, dan surat pengantar dari fakultas. Setelah itu dilanjutkan dengan proses wawancara oleh alumni KGU dengan bahasa Jepang, Leaderless Group Discussion (LGD) yang juga menggunakan bahasa Jepang, dan presentasi dengan tema unique things from Indonesia that foreigner should know. Mahasiswa yang lolos dari seleksi tersebut kemudian kembali melakukan proses wawancara yang terakhir dengan pihak universitas langsung,” jelas Stefano.

Selama mengikuti program tersebut, Stefano dan Atika akan mengikuti perkuliahan di KGU, sekaligus juga memperkenalkan kebudayaan Indonesia disana. Dari program ini, diharapkan pula pemahaman Stefano dan Atika terhadap kebudayaan Jepang akan meningkat.

“Serasa mimpi menjadi kenyataan. Sebagai mahasiswa Sastra Jepang tentu pergi ke Jepang dan menjadi perwakilan negara adalah suatu pencapaian besar. Untuk satu tahun nanti saya ingin belajar bagaimana orang Jepang memproses sampah dan merasakan patuhnya orang Jepang terhadap waktu,”  ungkap  Stefano selaku ketua perwakilan delegasi Unpad untuk program tersebut.

Program pertukaran pelajar antara Unpad dan KGU sendiri sudah sering dilakukan. Setiap tahun, Unpad mengadakan proses penyeleksian untuk mengirimkan mahasiswa dalam program pertukaran pelajar dengan Kwansei Gakuin University (KGU).

Bagi Stefano, salah satu kunci terpilihnya ia menjadi salah satu delegasi adalah adanya motivasi dan semangat yang kuat.*

Rilis / art

The post Dua Mahasiswa Sastra Jepang Unpad Ikuti Pertukaran Pelajar di Kwansei Gakuin University appeared first on Universitas Padjadjaran.