Dua Mahasiswa Unpad Ikuti Konferensi Internasional di Spanyol

[unpad.ac.id, 27/03/2018] Dua mahasiswa Universitas Padjadjaran terpilih mengikuti Internasional Conference on ASEAN Studies (ICOAS) 2018 di Universidad Autonoma de Madrid, Spanyol pada 20 – 23 Maret 2018 lalu. Mereka adalah Faris Mujahid dari Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dan Afif Khorul Anwar dari Manajemen Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi.

Dua mahasiswa Universitas Padjadjaran, Faris Mujahid dari Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dan Afif Khorul Anwar dari Manajemen Komunikasi, mengikuti Internasional Conference on ASEAN Studies (ICOAS) 2018 di Universidad Autonoma de Madrid, Spanyol pada 20 – 23 Maret 2018 lalu.*

Dalam acara tersebut, para pakar studi kawasan Asia Tenggara mencoba untuk mengurai berbagai tantangan yg telah, sedang, dan akan dihadapi ASEAN. Selain itu, hadir pula pakar studi kawasan Eropa yang menguraikan tentang perjalanan Uni Eropa sebagai sebuah entitas untuk studi komparasi. Para akademisi yang hadir secara aktif mengkritisi dan memberikan pandangannya terhadap perkembangan Asia Tenggara serta perbandingannya dengan Uni Eropa.

Ajang tersebut menjadi sarana produktif secara akademik dan non-akademik. Diskusi berkualitas serta jaringan internasional yang terjalin baik tampak dalam kegiatan tersebut.

Faris dan Afif sebagai delegasi dari Unpad secara aktif terlibat dalam setiap sesi Focus Group Discussion (FGD). Mereka menyoroti isu keberadaan pengungsi yang masih terjadi di ASEAN dan Uni Eropa. Isu ini juga menjadi tantangan terbesar kedua di Uni Eropa sebagaimana yang disampaikan oleh Prof. Raymond dari Universidad Autonoma de Madrid.

“Ini pengalaman yang sungguh luar biasa. Kami bertemu para pakar studi kawasan Asia Tenggara dan Uni Eropa. Selain itu kami juga membangun jejaring dengan para peserta yang berasal dari berbagai kampus ternama di dunia,” ujar Faris.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Rektor Universidad Autonoma de Madrid dan Pihak KBRI Di Spanyol. Dari awal hingga berakhirnya acara, para peserta senantiasa antusias dalam mengikuti setiap sesinya.

“Kegiatan tersebut sangatlah baik bagi perkembangan studi kawasan Asia Tenggara,” ujar Faris.*

Rilis/art

The post Dua Mahasiswa Unpad Ikuti Konferensi Internasional di Spanyol appeared first on Universitas Padjadjaran.