Dua Mawapres Unpad Siap Berkompetisi di Tingkat Nasional

[unpad.ac.id, 26/3/2018] Fachreza Aryo Damara (Fakultas Kedokteran) dan Harlino Nadha Prayudha (Fakultas Pertanian) terpilih sebagai mahasiswa berprestasi (mawapres) tingkat Universitas Padjadjaran untuk berkompetisi dalam ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) tingkat nasional, April mendatang.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Dr. Arry Bainus, M.A., didampingi Direktur Pendidikan dan Kemahasiswaan Unpad Prof. Dr. Wawan Hermawan, M.S., berfoto bersama dengan tiga mahasiswa berprestasi tingkat universitas di Ruang Rapat Bersama Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Senin (26/3). Dua dari tiga mawapres tersebut menjadi wakil Unpad dalam Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) 2018 tingkat nasional. (Foto: Tedi Yusup)*

Fachreza, Harlino, dan Jhoice Noor Syahid Admaja (Fakultas Ekonomi dan Bisnis) merupakan tiga mawapres yang lolos seleksi di tingkat universitas. Pada tahun ini, sebanyak 17 mahasiswa dari 16 fakultas mengikuti seleksi pilmapres tingkat universitas. Seleksi pemilihan telah dilakukan sejak pertengahan Maret lalu.

Ketua pelaksana Pilmapres Unpad 2018 Dr. Yus Nugraha, M.A., mengatakan, ada beberapa tahapan seleksi yang dilakukan. Mulai dari seleksi karya tulis ilmiah, penguasaan bahasa Inggris, prestasi selama kuliah, aspek kepribadian, hingga kepemimpinan.

“Yang menjadi perbedaan dengan tahun sebelumnya adalah aspek kepemimpinan menjadi satu poin penilaian. Mahasiswa yang pernah memimpin wadah organisasi tertentu menjadi satu poin penting,” ujar Dr. Yus saat pengumuman Pilmapres tingkat Unpad di ruang rapat bersama Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Senin (26/3).

Dari seleksi di tahap pertama, terpilih tiga kandidat mawapres untuk kemudian dipersiapkan ke tahap selanjutnya. Di tahap kedua, mahasiswa melakukan wawancara sekaligus pemantapan khusus melalui pemberian beberapa materi pendukung kepada setiap kandidat. Diharapkan, ketika terpilih menjadi wakil Unpad di tingkat nasional, setiap kandidat telah menguasai setiap materi.

“Jika tahun sebelumnya seleksi lebih banyak presentasi. Kali ini kita lebih banyak memberikan materi,” lanjut Dr. Yus.

Acara pengumuman tersebut dihadiri Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Dr. Arry Bainus, M.A., Direktur Pendidikan dan Kemahasiswaan Unpad Prof. Dr. Wawan Hermawan, M.S., serta para wakil dekan dan manajer akademik dan kemahasiswaan tingkat fakultas.

Persiapan Tahun Depan

Dalam kesempatan tersebut, Prof. Wawan mengatakan, konsep pemilihan mahasiswa berprestasi untuk tahun mendatang akan mulai dipersiapkan di tahun sebelumnya. Ini bertujuan agar kandidat mahasiswa yang mengikuti seleksi benar-benar berdasarkan potensi dan prestasi yang dimiliki.

“Ini agar mendapatkan calon-calon yang betul-betul by design, bukan by accident. Nanti kita koordinasikan dengan Ketua Program Studi,” ujar Prof. Wawan.

Ia juga mengharapkan agar para kandidat mawapres Unpad 2018 dapat memberikan pengalamannya mengikuti mawapres kepada mahasiswa selanjutnya. Sebab, seleksi pilmapres membutuhkan kandidat yang siap berkompetisi di tingkat nasional.

Sementara itu, Dr. Arry Bainus menyampaikan, untuk selanjutnya kompetensi mawapres yang siap berkompetisi di tingkat nasional harus diarahkan pada penguasaan softskill. Ia menilai, penguasaan akademik saat ini bukan menjadi penentu utama prestasi mahasiswa. “Softskill harus betul-betul terlihat,” ujarnya.

Untuk itu, pilmapres selanjutnya akan mengimplementasikan pendekatan berbasis experimential learning. “Mahasiswa yang berhasil adalah mahasiswa yang mempunyai pengalaman pendidikan berbasis learning by doing,” kata Dr. Arry.*

Laporan oleh Arief Maulana

The post Dua Mawapres Unpad Siap Berkompetisi di Tingkat Nasional appeared first on Universitas Padjadjaran.