Dua Peneliti Unpad Berprestasi di Tingkat Internasional

[unpad.ac.id, 11/10/2017] Dua peneliti Universitas Padjadjaran aktif berpartisipasi di tingkat global. Dua peneliti tersebut yaitu Aida Halimanjaya, PhD dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis serta Hawani Sasmaya Prameswari, dr., Sp.JP., dari Fakultas Kedokteran.

Aida Halimanjaya, PhD. (Foto: SDGs Center Unpad)*

Aida Halimanjaya, terpilih duduk satu meja dengan para pakar ekonomi dunia dalam Organization for Economic Cooperation and Development (OECD) di Paris. Pada organisasi tersebut, ia juga dipercaya sebagai policy advisor.

Dosen Luar Biasa Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang juga peneliti SDGs Center Unpad ini juga berkesempatan mempresentasikan hasil penelitiannya dalam forum yang digelar di Paris, 11 – 12 September lalu. Sebagai konsultan kebijakan, Aida mempresentasikan pilihan kebijakan mengenai pelaporan mitigasi dan keuangan.

Makalah tersebut menyoroti kebijakan perekonomian dalam rangka menghadapi perubahan iklim global. Ia membahas kesenjangan dari pengaturan pelaporan yang ada untuk mitigasi dan keuangan.

Beberapa opsi kebijakan akan diusulkan untuk menunjukkan bagaimana alternatif pengaturan pelaporan di luar Konvensi Kerangka Kerja PBB tentang Perubahan Iklim (UNFCCC) untuk menanggapi kesenjangan tersebut.

Makalah ini merupakan fokus penelitian yang dilakukan Aida di bidang makroekonomi. Ia secara khusus meneliti terkait alokasi dan dampak pembiayaan mitigasi di tingkat pendonor individu, bilateral, multilateral, dan global.

Selain dipercaya sebagai konsultan di OECD, Aida sebelumnya juga dipercaya sebagai staf ahli dan menangani banyak proyek di UNDP Indonesia, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, hingga the Center for International Forestry Research (CIFOR), dan beberapa lembaga lingkungan di tingkat global.

Sementara Hawani Sasmaya terpilih menjadi dosen tamu di Hatter Institute for Cardiovascular Research in Africa, Faculty of Health Sciences, University of Cape Town, Afrika Selatan, 28 September lalu.

Staf Departemen Kardiologi dan Kedokteran Vaskuler Fakultas Kedokteran ini bersama akademisi dari Perancis, Irak, Jerman, Inggris, dan Australia berkesempatan membagikan ilmu terkait penyakit kardiovaskular pada kehamilan. Hawani sendiri menyampaikan materi terkait the correlation between corrected QT interval and left ventricular function in Peripartum Cardiomyopathy.*

Laporan oleh Arief Maulana

 

The post Dua Peneliti Unpad Berprestasi di Tingkat Internasional appeared first on Universitas Padjadjaran.