Dukung Ciletuh Jadi Geopark UNESCO, Unpad Raih Penghargaan dari Gubernur Jawa Barat

[Unpad.ac.id, 4/6/2018] Universitas Padjadjaran menerima penghargaan dari Gubernur Jawa Barat sebagai perguruan tinggi yang aktif mendukung pencapaian Geopark Ciletuh-Palabuharatu menjadi taman kebumian global UNESCO atau UNESCO Global Geopark (UGG).

Gubernur Jawa Barat Dr. Ahmad Heryawan menyerahkan piagam penghargaan kepada Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Tri Hanggono Achmad dalam acara Syukuran Penetapan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu Menjadi UNESCO Global Geopark, di Aula Timur Gedung Sate, Bandung, Minggu (3/6) siang. Penghargaan diberikan atas kontribusi aktif Unpad dalam mendukung mendukung pencapaian Geopark Ciletuh-Palabuharatu menjadi taman kebumian global UNESCO atau UNESCO Global Geopark (UGG). Penghargaan juga diberikan Gubernur kepada Ketua Pusat Penelitian Geopark dan Kebencanaan Geologi Unpad Prof. Ir. Mega Fatimah Rosana, M.Sc., PhD.*

Penghargaan tersebut diberikan langsung Gubernur Jawa Barat Dr. Ahmad Heryawan kepada Rektor Unpad Prof. Tri Hanggono Achmad dan Ketua Pusat Penelitian Geopark dan Kebencanaan Geologi Unpad Prof. Ir. Mega Fatimah Rosana, M.Sc., PhD, dalam acara Syukuran Penetapan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu Menjadi UNESCO Global Geopark, di Aula Timur Gedung Sate, Bandung, Minggu (3/6) siang.

Melalui pesan singkat Prof. Mega menjelaskan, Unpad dinilai sebagai tim yang aktif dalam proses pencapaian Geopark Ciletuh-Palabuharatu menjadi UGG. Ini terlihat dari banyak aktivitas riset yang telah lama dilakukan Prof. Mega maupun sivitas akademika Unpad lainnya di Ciletuh.

Dukungan Unpad untuk Ciletuh telah menjadi program unggulan universitas. Adanya pusat penelitian Geopark di Unpad menunjukkan komitmen universitas dalam mengembangkan Geopark Ciletuh dari segi kajian keilmuan.

“Penghargaan ini mendorong saya dan Puslit Geopark untuk terus meningkatkan berbagai program penelitian bidang kegeologian serta memberikan edukasi konservasi geologi dan pencegahan bencana geologi kepada masyarakat,” kata Prof. Mega.

Gubernur juga meminta Unpad terus memberikan dorongan berbagai riset multidisiplin dari seluruh bidang keilmuan yang ada. Di sisi lain, program pengabdian kepada masyarakat pun dapat terus dilakukan Unpad di kawasan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu.

“Program pengabdian masyarakat ini (diharapkan) bisa menumbuhkan perekonomian masyarakat berbasis potensi dan kearifan lokal di Geopark,” imbuhnya.

Pasca penetapan menjadi UGG pada April lalu, Unpad melalui Puslit Geopark terus melakukan kegiatan Tridarma di 74 desa dan 8 kecamatan yang berada di wilayah Geopark. Prof. Mega juga mengharapkan seluruh fakultas di Unpad lebih aktif meningkatkan riset dan pengabdian masyarakat di kawasan Geopark Ciletuh.

Penghargaan itu juga diberikan Gubernur kepada tim dari Puslit Geopark dan Kebencanaan Geologi Unpad, yaitu: Adi Hardiyono, M.T., drs. Ronald Agusta, Nugraha, S.T., Rinaldi Ikhram, S.T., dan Katon Sena, S.T.

Selain memberikan penghargaan, dalam acara tersebut Gubernur juga menandatangani prasasti pemberlakuan operasional UGG di Geopark Ciletuh Palabuhanratu.*

Laporan oleh Arief Maulana

The post Dukung Ciletuh Jadi Geopark UNESCO, Unpad Raih Penghargaan dari Gubernur Jawa Barat appeared first on Universitas Padjadjaran.