Expadtriats 2018 Leburkan Perbedaan

[unpad.ac.id, 12/12/2018] Sajian kuliner khas dan pertunjukan kebudayaan dari 15 negara disuguhkan dalam International Day 2018 “Expadtriats (Expanding Unpad Through International Insight, Art, and Science)”. Acara tersebut digelar Kantor Internasional Universitas Padjadjaran di Bale Santika Unpad, Jatinangor, Rabu (12/12).

Mahasiswa asing dari berbagai negara membawakan tarian Indonesia dalam acara International Day 2018 “Expadtriats (Expanding Unpad Through International Insight, Art, and Science)” yang digelar Kantor Internasional Universitas Padjadjaran di Bale Santika Unpad, Jatinangor, Rabu (12/12). (Foto: Artanti Hendriyana)*

Kepala Kantor Internasional Unpad sekaligus ketua panitia Ronny Lesmana, MD, M.Kes., AIFO, PhD. mengharapkan bahwa dengan digelarnya acara tersebut, mahasiswa asing yang terlibat dapat merasakan bahwa Unpad merupakan “rumah” bagi mereka. Dengan berbagai keragaman bahasa dan budaya, para mahasiswa dari berbagai negara diharapkan dapat merasa nyaman di rumah mereka ini.

“Sehingga pada saat mahasiswa asing berada di Unpad, yang kami harapkan adalah mereka merasakan rumah,” kata Ronny.

Expadtriats merupakan acara tahunan Unpad yang diikuti oleh sejumlah mahasiswa asing yang mengikuti studi di Unpad. Di acara ini, mereka menyuguhkan kuliner dan pertunjukan kesenian untuk mengenalkan kekhasan dari negaranya masing-masing.

Tahun ini, Expadtriats mengangkat tema “One Ball, One Globe, Global Culture for One World”. Acara digelar dua hari sejak Selasa (11/12).

“Expadtriats berbicara bagaimana meleburkan kebudayaan, meleburkan perbedaan gaya bicara dan karakter, dan melihat itu dalam keberagaman,” kata Ronny.

Sejumlah negara yang terlibat diantaranya Vietnam, Uganda, Tanzania, Thailand, Tajikistan, Nepal, Madagaskar, Laos, Korea, Krygystan, Jepang, Indonesia, Kamboja, Tiongkok, Azerbaijan, dan Afganistan.

Acara dibuka secara resmi oleh Direktur Tata Kelola dan Komunikasi Publik Aulia Iskandarsyah, M.Psi., M.Sc., PhD. Senada dengan Ronny, Aulia berpesan kepada para mahasiswa untuk menganggap Unpad sebagai rumah sendiri. Mahasiswa asing diharapkan dapat berintegrasi dengan mahasiswa Unpad lainnya dan tetap bersatu di tengah perbedaan.









“Unpad adalah rumah kalian. Jangan merasa asing. Tetap jaga semangat ini,” kata Aulia.

Selain sajian kuliner dan pertunjukan seni, pada Expadtriats 2018 juga digelar kompetisi Futsal. Kompetisi ini diikuti oleh 7 tim, terdiri dari mahasiswa asing dan domestik dari berbagai perguruan tinggi di Bandung serta sejumlah kolega Unpad.*

Laporan oleh Artanti Hendriyana/am
Foto oleh Krisna Eka Pratama, Artanti Hendriyana, Tedi Yusup

 

The post Expadtriats 2018 Leburkan Perbedaan appeared first on Universitas Padjadjaran.