Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpad Jalin Kerja Sama dengan Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi

[unpad.ac.id, 23/5/2018] Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Padjadjaran menjalin kerja sama dengan Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi (Unsil) untuk meningkatkan kualitas pengajaran, riset, dan pengabdian pada masyarakat. Perjanjian Kerja Sama antara kedua belah pihak ditandatangani oleh Dekan FEB Unpad Yudi Azis, PhD., dengan Dekan FE Unsil  H. Beben Bahren, SE.,M.S., di kampus Unsil, Tasikmalaya, Jumat (11/5) lalu.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran Yudi Azis, PhD., (kanan) melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi (Unsil). Beben Bahren, SE.,M.S., di kampus Unsil, Tasikmalaya, Jumat (11/5) lalu.*

Kerja sama akan berfokus pada peningkatan kapasitas sumber daya manusia, diantaranya melalui pengembangan program S3 di Unsil. Adapun program riset bersama dan pengabdian pada masyarakat yang menjadi perhatian adalah penguatan institusi Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di Tasikmalaya. Saat ini Tasikmalaya memiliki 351 desa dengan jumlah Bumdes yang beroperasi sebanyak 236 desa.

“FEB Unpad berharap kerja sama yang dilakukan bukan hanya dapat meningkatkan kualitas SDM Unsil tapi juga mampu meningkatkan perekonomian desa di Tasikmalaya dengan Bumdes yang lebih profesional,” harap Yudi Azis.

Lebih lanjut Yudi mengungkapkan, Tasikmalaya merupakan target program Aliansi Strategis Universitas Padjadjaran (ASUP) Jabar yang dijalankan FEB Unpad. ASUP Jabar sendiri merupakan salah satu program unggulan Unpad yang bertujuan meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan meningkatkan konektivitas antar wilayah di Jawa Barat.

Diharapkan Yudi, kerja sama FEB Unpad dengan perguruan tinggi di Tasikmalaya akan menjadi langkah strategis dalam menjalankan program ASUP Jabar.

Sementara itu, Manajer Riset, Pengabdian Kepada Masyarakat, Inovasi dan Kerjasama FEB Unpad Ersa Tri Wahyuni, PhD., mengungkapkan bahwa program riset dan pengabdian pada masyarakat untuk  Bumdes di Tasikmalaya akan berfokus dengan pemberian lokakarya dan pendampingan untuk para pengelola.

“Program ini diharapkan dapat berkesinambungan dan akan bekerja sama dengan Forum Bumdes Kabupaten,” ujar Ersa yang juga sangat tertarik melakukan penelitian dan PKM tentang Bumdes.

Kunjungan FEB Unpad ke Unsil ini disambut hangat oleh Rektor Unsil Prof. Dr.H.Rudi Priyadi, Ir.,M.S. dan Dekan FE Unsil, H. Beben Bahren, SE.,MS beserta jajarannya.

“Kami sangat senang atas kunjungan FEB Unpad memenuhi undangan kami hari ini, karena FEB Unpad adalah pendiri FE Unsil jadi kami memiliki ikatan sejarah yang sangat kuat dengan FEB Unpad. Bahkan, dekan FE pertama kami adalah dosen (yang juga rektor) Unpad yaitu Prof. Yuyun Wirasasmita,” ujar Dekan FE Unsil Beben Bahren yang juga merupakan alumnus FEB Unpad.

Kegiatan tersebut kemudian dilanjutkan dengan kuliah umum bertema “Membangun Entrepreneural University” dengan pembicara Yudi Azis. Kuliah umum ini dihadiri oleh sekitar 200 mahasiswa FE Unsil.*

Rilis: FEB Unpad/art

The post Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpad Jalin Kerja Sama dengan Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi appeared first on Universitas Padjadjaran.