Farid Akbar Harumkan Unpad di Kejuaraan Nasional Pencak Silat Antar Perguruan Tinggi IX

[unpad.ac.id, 30/11/2017] Mahasiswa Fakultas Peternakan Unpad Farid Akbar, meraih Juara I Kategori Tanding Kejuaraan Nasional Pencak Silat Antar Perguruan Tinggi IX yang digelar Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta, 19-25 November 2017 lalu.

Mahasiswa Fakultas Peternakan Unpad Farid Akbar, peraih Juara I Kategori Tanding Kejuaraan Nasional Pencak Silat Antar Perguruan Tinggi IX yang digelar Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta, 19-25 November 2017 lalu. (Foto: Tedi Yusup)*

Ditemui di ruang Humas Unpad, Gedung Rektorat Unpad kampus Jatinangor, Kamis (30/11), Farid mengaku senang dapat menjadi juara di kompetisi tersebut. Di tahun terakhirnya sebagai mahasiswa program Sarjana, ia dapat berkontribusi mengharumkan nama Unpad di kancah nasional.

“Saya senang bisa menang, karena ini tahun terakhir saya (sebagai mahasiswa Unpad), dan saya latihan pun belum pernah se-ngoyo ini,” ungkap Farid.

Farid menjadi juara di Kategori Tanding Kelas H Putra. Ia menjuarai kompetisi tersebut setelah mengalahkan Universitas Tarumanegara di babak final dengan skor 5-0. Sebelumnya, di babak penyisihan Farid berhasil menang KO melawan Universitas Negeri Semarang.

Kekuatan pukulan tangan kanan dan tendangan sabit kiri diyakini Farid menjadi keunggulan yang dimilikinya. Sejak masih duduk di bangku SMA, ada sejumlah prestasi yang pernah Farid raih di bidang pencak silat. “Keunggulan saya ada di power,” ujar pria yang aktif di Unit Merpati Putih Unpad ini.

Diungkapkan Farid, kejuaraan tersebut terdiri dari dua kategori, yaitu Kategori Tanding dan Kategori Seni. Unpad sendiri mengirimkan 13 atlet terpilih untuk berlaga di kompetisi tersebut, meliputi 4 orang untuk Kategori Tanding, dan 10 orang untuk Kategori Seni (1 orang berlaga di dua kategori kompetisi).

Untuk mengikuti kejuaran tersebut, Farid bersama tim pencak silat Unpad berlatih selama 2 bulan. Latihan dimulai dari penguasaan teknik dasar, penguatan fisik, hingga penguasaan kombinasi teknik. Latihan dilakukan bersama 3 orang pelatih yang merupakan atlit pencak silat dan alumni Unpad.

“Semoga kedepannya banyak kompetisi pencak silat yang diikuti mahasiswa Unpad. Harapannya bisa menang dan lebih semangat lagi,” harap Farid.*

Laporan oleh Artanti Hendriyana/am

The post Farid Akbar Harumkan Unpad di Kejuaraan Nasional Pencak Silat Antar Perguruan Tinggi IX appeared first on Universitas Padjadjaran.