Fikom Unpad Raih Juara Umum di Pekan Komunikasi Universitas Indonesia

[Unpad.ac.id, 28/04/2017] Delegasi Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Padjadjaran meraih juara umum dalam ajang Pekan Komunikasi (Pekom) Universitas Indonesia 2017 yang digelar Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia (HMIK UI) di kampus UI, Depok,  17-21 April 2017 lalu. Prestasi tersebut diraih tim Fikom Unpad.

Delegasi Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad di ajang Pekan Komunikasi (Pekom) Universitas Indonesia 2017, 17-21 April 2017 lalu. (Foto: Laman resmi Fikom Unpad)

Juara umum berhasil diraih tim Fikom Unpad atas prestasi mereka di sejumlah mata lomba yang digelar. Pada kompetisi tersebut, tim Fikom Unpad meraih Juara 1 bidang lomba Creabo LDP TV, Juara 3 bidang lomba Creabo LDP TV, Juara Poster Favorit bidang lomba Creabo Film Pendek, Juara 1 bidang lomba Adwar, dan Juara 1 bidang lomba PR Vaganza.

Pada malam penghargaan Pekan Komunikasi yang digelar di di Hotel Santika Depok, pada 21 April 2017 lalu, turut hadir Wakil Dekan Bidang Akademik, Kemahasiswaan, Inovasi, dan Kerja Sama Fikom Unpad, Dr. Dadang Sugiana, Drs., M.Si. dan Manajer Akademik dan Kemahasiswaan Fikom Unpad, Agus Setiaman, S.Sos., M.Si. untuk menerima penghargaan sebagai juara umum atau Pekan Komunikasi of the Year 2017. Penghargaan ini juga diterima Unpad pada tahun 2016 lalu.

Pekan Komunikasi merupakan salah satu ajang kompetisi bidang komunikasi tingkat universitas terbesar di Indonesia.  Ajang kompetisi ini diselenggarakan oleh sejak tahun 2007 dan diikuti oleh lebih dari 100 universitas dan 1200 orang peserta.

Tahun ini, Pekan Komunikasi mengangkat tema ‘Tell-a-Tale’. Tema ini diharapkan dapat mengangkat budaya lokal Indonesia, dalam sebuah cerita yang kreatif dan inovatif di beberapa bidang komunikasi.

Pekan Komunikasi 2017 memiliki empat mata acara, yaitu Create and Broadcast (Creabo), PR Vaganza, Adwar, dan Journalight. Keempat mata acara memiliki empat kegiatan: lomba, kunjungan, lokakarya, dan seminar.

Creabo adalah mata acara di bidang penyiaran. Tahun ini, Creabo mengangkat tema “Popularizing Local Culture”. Creabo mengajak peserta untuk mengangkat keberagaman budaya Indonesia dalam penyiaran dengan merancang program televisi dan membuat film pendek.

PR Vaganza adalah mata acara di bidang humas. Dengan tema “Exposing Indonesia Tourism through Transmedia Storytelling”, peserta diajak untuk merancang program Humas yang dapat meningkatkan kesadaran dan ketertarikan turis terhadap 10 destinasi prioritas yang ditetapkan Kementerian Parisiwata.

Adwar adalah mata acara di bidang periklanan. Tahun ini, Adwar mengangkat tema “Advertainment” dan mengajak peserta untuk merancang program iklan yang mere-brand produk lokal Indonesia.

Journalight adalah mata acara di bidang jurnalisme, dengan tema “Culture in Your Backpack”. Melalui lombanya, peserta diajak untuk membuat artikel, foto jurnalistik, dan video berita berkaitan dengan dunia industri kreatif.*

Rilis oleh: Fikom Unpad / art

The post Fikom Unpad Raih Juara Umum di Pekan Komunikasi Universitas Indonesia appeared first on Universitas Padjadjaran.