FMIPA Unpad Gelar Forum Ilmiah Doktor

[unpad.ac.id, 11/4/2018] Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Padjadjaran menyelenggarakan forum ilmiah Doktor yang digelar di ruang Auditorium Gedung Pascasarjana kampus FMIPA Unpad, Jatinangor, Rabu (11/4). Forum ini mendiseminasikan berbagai hasil penelitian yang dilakukan pada dosen di lingkungan FMIPA Unpad.

Suasana forum ilmiah Doktor yang digelar Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Padjadjaran yang digelar di ruang Auditorium Gedung Pascasarjana FMIPA Unpad, Jatinangor, Rabu (11/4). Forum ilmiah ini menghadirkan pembicara para dosen Doktor di FMIPA Unpad yang mempresentasikan hasil penelitiannya. (Foto: Tedi Yusup)*

“(Forum) ini merupakan pengejawantahan dari program Academic Leadership Grant (ALG) yang dituntutkan oleh Rektor,” ujar Dekan FMIPA Unpad Prof. Dr. Sudradjat, M.S., saat menyampaikan sambutan.

Berangkat dari program ALG itu, FMIPA Unpad pada tahun ini menyelenggarakan serangkaian program pengembangan bagi para dosen, mulai dari program pendampingan penulisan proposal riset, pendampingan penulisan artikel ilmiah, hingga mendorong para dosen melakukan kolaborasi lintas fakultas maupun pemangku kepentingan lainnya.

Prof. Sudradjat mengatakan, forum ilmiah ini termasuk dalam salah satu program pengembangan tersebut. Nantinya, setiap dosen yang tergabung dalam riset ALG wajib mendiseminasikan hasil penelitiannya. Ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja para dosen di bidang riset.

“Diharapkan dalam forum-forum seperti ini (dosen) dapat menghasilkan output dari risetnya dan mampu menambah mitra. Dan yang terpenting juga mampu menambah income generate dari FMIPA Unpad,” kata Prof. Sudradjat.

Forum ini menghadirkan empat dosen FMIPA Unpad yang akan mempresentasikan hasil-hasil penelitiannya. Empat dosen tersebut yaitu: Dr. Anni Anggraeni, M.Si., Dr. Diana Rakhmawaty E, M.Si., Dr. Togar Saragi, M.Si., dan Dr. Atiek Rostika N, M.Si.

Lebih lanjut Prof. Sudradjat mengatakan, forum ilmiah Doktor ini merupakan kegiatan pertama yang dilakukan di lingkungan FMIPA. Rencananya, forum ini akan dilaksanakan setiap bulan dengan menghadirkan empat dosen dari dua program ALG yang dilaksanakan.

“Mudah-mudahan setiap pembicara dalam forum ini dapat menghasilkan target kapan dipublikasikan dan dimana (jurnal ilmiah),” ujarnya.

Acara forum ilmiah ini dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Dr. Arry Bainus, M.A. Dalam sambutannya, Dr. Arry mengapresiasi acara ini sebagai rangkaian dalam mewujudkan atmosfir akademik di lingkungan Unpad.

Terkait riset yang dijalankan, Dr. Arry terus mendorong riset tersebut dapat dikolaborasikan dengan fakultas lainnya. Dengan berkolaborasi transdisipliner, diharapkan luaran riset dapat menjadi daya ungkit di masyarakat.*

Laporan oleh Arief Maulana

The post FMIPA Unpad Gelar Forum Ilmiah Doktor appeared first on Universitas Padjadjaran.