FTIP Unpad dan Fakulti Sains Makanan dan Pemakanan Universiti Malaysia Sabah Lakukan Kerja Sama Pertukaran Mahasiswa

[unpad.ac.id, 15/2/2018] Fakultas Teknologi Industri Pertanian (FTIP) Universitas Padjadjaran bekerja sama dengan Fakulti Sains Makanan dan Pemakanan (FSMP) Universiti Malaysia Sabah melaksanakan program pertukaran pelajar bagi mahasiswa tingkat akhir, Senin (12/2) lalu.

Tiga mahasiswa Fakultas Teknologi Industri PErtanian (FTIP) Unpad mengikuti kegiatan pertukaran pelajar di Fakulti Sains Makanan dan Pemakanan (FSMP) Universiti Malaysia Sabah.*

Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka mengimplementasikan Letter of Intent yang sudah ditandatangani keduanya sejak Oktober 2016.

Kegiatan pertukaran pelajar tahap pertama diikuti 3 orang mahasiswa Teknologi Pangan FTIP, yaitu Florensia Irena, Casey Dio, dan Winaldy. ”Ketiga mahasiswa tersebut akan tinggal di UMS selama 3 bulan dengan mengikuti beberapa aktivitas, diantaranya melakukan riset yang hasilnya digunakan sebagai bahan skripsi mahasiswa dan dibimbing oleh pembimbing dari kedua institusi, serta sosialisasi budaya antar bangsa,” demikian disampaikan Robi Andoyo, Ph.D sebagai penanggug jawab kegiatan tersebut.

Selanjutnya, mahasiswa UMS juga akan mengirimkan mahasiswanya ke FTIP Unpad dan akan mengikuti perkuliahan mulai Semester Ganjil tahun akademik 2018-2019.  Misi yang dibawa juga sama dengan yang dilakukan FTIP Unpad.

Luaran dari kegiatan tersebut untuk mempercepat waktu kelulusan studi mahasiswa dari kedua institusi serta memberikan wawasan internasional kepada para mahasiswa. Ke depan, kerja sama ini juga akan dikembangkan pada bidang riset dan publikasi bersama di antara staf dosen di kedua institusi.

Kerjasama ini sangat berpotensi untuk diperluas di bidang lainnya yang didasarkan pada banyaknya persamaan antara kedua institusi ini, seperti pada bidang kajian riset pangan fungsional. Kerja sama ini memungkinkan terjadinya lintas potensi pengembangan pangan, karena dua kampus tersebut terletak di dua kondisi geografis berbeda.

Kampus FSMP UMS berada di pesisir pantai Kota Kinabalu yang memungkinkan mengembangkan potensi unggulan di bidang produk hasil laut. Sementara FTIP Unpad lebih banyak mengkaji pangan fungsional berbasis produk hasil pertanian unggulan di Jawa Barat.*

Rilis: FTIP Unpad/am

The post FTIP Unpad dan Fakulti Sains Makanan dan Pemakanan Universiti Malaysia Sabah Lakukan Kerja Sama Pertukaran Mahasiswa appeared first on Universitas Padjadjaran.