Gelar Konferensi Internasional, Unpad Kuatkan Kerja Sama dengan University of Erfurt, Jerman

[unpad.ac.id, 1/11/2017] Universitas Padjadjaran melakukan kerja sama dengan University of Erfurt, Jerman, terkait riset dan pengajaran bersama. Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) secara desk to desk oleh Rektor Unpad Prof. Tri Hanggono Achmad yang disaksikan Prof. Dr. Kai Hafez dari University of Erfurt, beserta Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Unpad Dr. Dadang R. Hidayat, S.Sos., SH., M.Si, di Ruang Oemi Abdurrachman Fikom Unpad Jatinangor, Rabu (1/11).

Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Tri Hanggono Achmad saat menandatangani naskah Memorandum of Understanding (MoU) dengan Prof. Dr. Kai Hafez dari University of Erfurt, Jerman, di Ruang Oemi Abdurrachman Fikom Unpad Jatinangor, Rabu (1/11). Kerja sama Unpad/University of Erfurt ini dilakukan dalam rangka penguatan aspek riset dan pendidikan. (Foto: Tedi Yusup)*

Penandatanganan MoU dilakukan di sela kegiatan konferensi internasional dengan tema “Media and Transformation in Germany and Indonesia: Dynamics and Regressions in Global Perspective” yang digelar atas kerja sama Fikom Unpad dengan DAAD (German Academic Exchange Service), dan Department of Media and Communication Science, University of Erfurt. Konferensi digelar hingga Jumat (3/11) mendatang.

Dengan adanya kerja sama tersebut, Rektor berharap kedua belah pihak akan saling bertukar pandangan, khususnya mengenai komunikasi dan budaya di Indonesia dan Jerman. Menurut Rektor, perkembangan teknologi komunikasi saat ini sangat erat kaitannya dengan perkembangan budaya. Pemanfaatan komunikasi yang baik bukan hanya dapat mengelola budaya dengan baik, tetapi juga berperan besar dalam mengembangkan masyarakat.

“Diharapkan dengan adanya kerja sama ini, kita bisa saling belajar satu sama lain. Itu adalah salah satu hal yang penting bagi kami,” kata Rektor.

Terkait kegiatan akademik, Rektor pun berharap akan adanya riset bersama antara Unpad dengan University of Erfurt yang dapat menghasilkan publikasi internasional. Dengan adanya kerja sama ini, diharapkan kapasitas akademik di kedua universitas akan meningkat.

“Saya yakin, kerja sama antara Unpad dengan University of Erfurt akan meningkatkan kapasitas akademik kita,” ujar Rektor.

Adapun konferensi internasional digelar untuk meningkatkan pemahaman antar kedua negara melalui dialog kultural dengan mengkaji jenis dan pola komunikasi publik dalam perspektif bersama. Kegiatan ini menghadirkan pembicara dari sejumlah universitas di Indonesia, Jerman, dan Mesir.



Selain itu, acara juga diisi dengan presentasi 20 akademisi muda Indonesia yang sedang menempuh studi doktoral (S3) terkait proyek disertasinya untuk mendapatkan pendapat dari para ahli. Pelaksanaan konferensi ini akan ditutup dengan gala dinner di Kantor Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Gedung Sate), sebagai salah satu bentuk dukungan langsung dari pemerintah daerah.

Laporan oleh Artanti Hendriyana/am

The post Gelar Konferensi Internasional, Unpad Kuatkan Kerja Sama dengan University of Erfurt, Jerman appeared first on Universitas Padjadjaran.