Gelar Lokakarya, FK Unpad Akan Publikasikan Hasil Penelitian Selama 29 Tahun di Tanjungsari, Sumedang

[unpad.ac.id, 20/8/2018] Sebanyak 13 peneliti mengikuti “The 3rd Real-time Manuscript Writing Workshop” yang digelar Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran bekerja sama dengan Yayasan Institut Danone Indonesia dan Asia Pasific Journal of Clinical Nutrition (APJCN). Acara diselenggarakan di Ruang Senat Rumah Sakit Pendidikan Unpad, Jl. Eijkman No. 38, Bandung, Senin (20/8) hingga Selasa (21/8).

Editor Emeritus APJCN Prof. Mark L. Wahlqvist, saat memberikan materi dalam Lokakarya “The 3rd Real-time Manuscript Writing Workshop” yang digelar Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran bekerja sama dengan Yayasan Institut Danone Indonesia dan Asia Pasific Journal of Clinical Nutrition (APJCN) di Ruang Senat Rumah Sakit Pendidikan Unpad, Jl. Eijkman No. 38, Bandung, Senin (20/8). (Foto: Tedi Yusup)*

Ketua pelaksana kegiatan Dr. Gaga Irawan Nugraha, dr.,SpGK.,M.Gizi mengungkapkan bahwa tema penelitian yang diangkat dalam kegiatan itu adalah mengenai  Tanjungsari Cohort Study, dimana peserta kegiatan ini merupakan peneliti yang sedang atau pernah terlibat dalam penelitian kohort FK Unpad di Kecamatan Tanjungsari, Pamulihan, dan Sukasari, Kabupaten Sumedang. Penelitian ini dilakukan selama lebih dari 29 tahun.

“Banyak yang belum tahu bahwa FK Unpad memiliki penelitian di Kecamatan Tanjungsari, Pamulihan, Sukasari yang sudah berjalan lebih dari 29 tahun, yang meneiliti anak dari mulai dia lahir sampai sekarang anak itu berusia 29 tahun,” ungkap Dr. Gaga saat ditemui di sela kegiatan, Senin (20/8).

Lebih lanjut Dr. Gaga mengungkapkan, dari hasil workshop tersebut, setidaknya 13 penelitian Tanjungsari Cohort Study akan dipublikasikan di jurnal internasional Asia Pasific Journal of Clinical Nutrition.

“Jadi kita sedang mempersiapkan 13 artikel untuk dimuat di jurnal tersebut,” ungkap Dr. Gaga.

Tanjungsari Cohort Study diinisiasi oleh Guru Besar (Emeritus) FK Unpad, Prof. Anna Alisjahbana pada tahun 1988. Saat itu, Prof. Anna meneliti peran dukun beranak (paraji) dalam proses melahirkan di 27 desa di Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang. Saat ini, area tersebut mengalami pemekaran menjadi Kecamatan Tanjungsari, Pamulihan, dan Sukasari.

Pada tahun 1988-1989,ada 3.500 bayi yang dilahirkan yang perkembangan kesehatannya diikuti hingga kini. “Berbagai penelitian dilakukan selama rentang waktu tersebut,” ujar Dr. Gaga.

Dr. Gaga pun berharap, data penelitian di Tanjungsari selama lebih dari 29 tahun dapat terpublikasikan dan diketahui oleh publik. Penelitian pun diharapkan akan terus berkembang kedepannya.

Lokakarya dibuka oleh Dekan Fakultas Kedokteran Unpad Dr. med. Setiawan, dr., AIFM, Editor Emeritus APJCN Prof. Mark L. Wahlqvist, Direktur Institut Danone Prof. Widjaja Lukito, dan Insiator Tanjungsari Cohort Study Prof. Anna Alisjahbana.

Dalam sambutannya, Dr. Setiawan berharap bahwa dalam kegiatan tersebut, selain dapat menghasilkan artikelilmiah yang terpublikasi internasional, juga dapat terus berlanjut menghasilkan ide-ide penelitian baru.*

Laporan oleh Artanti Hendriyana/am

The post Gelar Lokakarya, FK Unpad Akan Publikasikan Hasil Penelitian Selama 29 Tahun di Tanjungsari, Sumedang appeared first on Universitas Padjadjaran.