Hadapi Revolusi Industri 4.0, Aparatur Sipil Negara Wajib Tingkatkan Pelayanan

[unpad.ac.id, 29/11/2018] Presiden RI Joko Widodo mendorong Aparatur Sipil Negara melakukan banyak penyesuaian menghadapi era Revolusi Industri tahap empat. Era ini telah banyak membawa perubahan lanskap sosial, politik, ekonomi, dan budaya secara global.

Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Tri Hanggono Achmad menjadi pembina Upacara HUT ke-47 Korps Pegawai Republik Indonesia yang digelar di halaman kampus Universitas Padjadjaran, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung. (Foto: Tedi Yusup)*

Demikian disampaikan Presiden dalam sambutan tertulis yang dibacakan di Upacara HUT ke-47 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) yang digelar di halaman kampus Universitas Padjadjaran, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Kamis (29/11). Sambutan tersebut dibacakan oleh Rektor Unpad Prof. Tri Hanggono Achmad selaku pembina upacara.

Dalam sambutan tersebut, Presiden mengatakan, perkembangan teknologi informasi memang memfasilitasi kerja birokrasi. Di sisi lain, teknologi memfasilitasi masyarakat untuk menyampaikan aspirasi dan menuntut pelayanan lebih baik dari para ASN.

Kesempatan ini akan menjadi beban bagi ASN apabila tidak diikuti perubahan kerja. Untuk itu, Presiden berpesan agar ASN harus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan sungguh-sungguh, meningkatkan kualitas kerja dan tata kelola, serta menjaga akuntabilitas.

“ASN harus selalu open mind, terus melakukan inovasi, menyederhanakan proses kerja, memanfaatkan kemajuan iptek, serta berkolaborasi dengan pihak terkait,” ucap Rektor.

Pemerintah telah sepakat untuk memperkuat sumber daya manusia dalam menghadapi Revolusi Industri tahap empat. Sumber daya manusia Indonesia harus mampu memanfaatkan peluang dari kemajuan teknologi. Pada intinya, ASN Indonesia harus menjadi agen transformasi penguatan sumber daya manusia.



Dalam upacara tersebut, bertindak sebagai pembaca naskah UUD 1945 adalah Dekan Fakultas Ilmu Budaya Yuyu Yohana Risagarniwa, PhD, pembaca Panca Prasetya Korpri oleh Dekan Fakultas Teknologi Industri Pertanian Dr. Edi Suryadi, dan pembaca doa oleh Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Dr. Yudi Nurul Ihsan.*

Laporan oleh Arief Maulana

The post Hadapi Revolusi Industri 4.0, Aparatur Sipil Negara Wajib Tingkatkan Pelayanan appeared first on Universitas Padjadjaran.