Halalbihalal Lanjutkan Amaliah Ramadan

[unpad.ac.id, 21/6/2018] Universitas Padjadjaran menggelar Halalbihalal Idulfitri 1439 Hijriah di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jl. Dipati Ukur No. 35 Bandung, Kamis (21/6). Kegiatan ini diikuti segenap keluarga besar Unpad, meliputi para pimpinan, pendidik, tenaga kependidikan, mahasiswa, dan sejumlah mitra Unpad.

Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Tri Hanggono Achmad, saat menggelar halalbihalal dengan pimpinan, tenaga pendidik, tenaga kependidikan, dan kolega Unpad di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Kamis (21/6). (Foto: Tedi Yusup)*

“Mari kita terus bersama-sama  meningkatkan kebersamaan dan kinerja kita, untuk kebaikan kita khususnya, dan kemaslahatan masyarakat pada umumnya,” ujar Rektor.

Selain halalbihalal keluarga besar Unpad, dalam waktu dekat juga akan digelar halalbihalal di tingkat fakultas. Halalbihalal ini tidak dilaksanakan oleh satu persatu fakultas, melainkan dilaksanakan oleh 2 atau 3 fakultas bersamaan.

“Mudah-mudahan kebiasaan baik ini juga mempererat hubungan di antara kita,” harap Rektor.

Acara halalbihalal keluarga besar Unpad tahun ini juga diisi oleh siraman rohani dari Rektor Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si. Dalam ceramahnya, Prof. Mahmud membahas mengenai makna halalbihalal.

Menurut Prof. Mahmud, secara substansi, halalbihalal merupakan bagian dari silaturahmi. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya menyempurnakan Idulfitri, melalui saling memaafkan terhadap sesama.

“Jadi sebenarnya halalbihalal adalah merupakan kelanjutan dari aktivitas amaliah Ramadan kita. Supaya apa? Betul-betul Idulfitri kita kembali kepada kesucian, baik yang terkait dosa kepada Allah maupun dosa kepada sesama,” ujar Prof. Mahmud.

Sebelumnya, Unpad menggelar Salat Idulfitri 1439 di dua lokasi, yaitu Lapangan Parkir Utara Kampus Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, dan di Kampus Jatinangor, Jumat (15/6). Di kampus Dipati Ukur, bertindak sebagai penyampai khotbah Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpad Yudi Azis, PhD. Sementara di area kampus Jatinangor, Dekan Fakultas Kedokteran Dr. med. Setiawan, menjadi penyampai khotbah.*

Laporan oleh Artanti Hendriyana/am












The post Halalbihalal Lanjutkan Amaliah Ramadan appeared first on Universitas Padjadjaran.