Implementasikan Tridarma Perguruan Tinggi, President University Jalin Kerja Sama dengan Unpad

[unpad.ac.id, 15/09/2017] Universitas Padjadjaran menjalin kerja sama dengan President University (Presuniv). Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Rektor Unpad Prof. Tri Hanggono Achmad dan Rektor Presuniv Dr. Jony Oktavia Haryanto, S.E., MM., M.A., di ruang Executive Lounge Kampus Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Jumat (15/09).

Rektor President University Dr. Jony Oktavia Haryanto, S.E., MM., M.A., (kanan) tengah berbincang dengan Rektor Unpad Prof. Tri Hanggono Achmad usai penandatanganan Nota Kesepahaman kerja sama Unpad-Presuniv di ruang Executive Lounge Kampus Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Jumat (15/09). (Foto: Arief Maulana)*

“Terima kasih kepada Unpad yang telah membukakan pintu untuk Presuniv belajar kepada Unpad,” kata Dr. Jony saat memberikan sambutan.

Kerja sama ini akan terfokus pada pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian, dan pengabdian. Sebagai perguruan tinggi “muda”, pelaksanaan kerja sama ini diharapkan menjadi langkah awal bagi pengembangan Presuniv ke depannya.

Dr. Jony juga mengajak Rektor Unpad untuk dapat melakukan kunjungan ke kampus Presuniv di Kawasan Industri Jababeka, Cikarang. Kawasan ini merupakan sentra perusahaan industri nasional hingga multinasional. Diharapkan melalui kunjungan tersebut akan terjalin kerjasama komprehensif dengan melibatkan unsur pemangku kepentingan lainnya.

Menanggapi tawaran tersebut, Rektor mengatakan, saat ini perguruan tinggi sudah masuk pada reformasi  generasi ketiga, dimana dominasi penguasaan ilmu dan teknologi saat ini tidak lagi dipegang oleh perguruan tinggi. Rektor menilai, saat ini banyak kemajuan teknologi yang dihasilkan bukan dari sektor pendidikan tinggi.

“Kalau melihat apa yang dimiliki Presuniv dengan lokasi industri Jababeka-nya, mestinya dukungan untuk (masuk ke generasi ketiga) harus sudah semakin kuat,” kata Rektor.

Untuk itu, kerja sama dengan Presuniv ini juga menjadi ajang bagi Unpad untuk meningkatkan interaksi dan akses dengan pelaku industri.

Lebih lanjut Rektor mengatakan, Presuniv memiliki potensi kekuatan akademik di bidang teknik sipil. Potensi ini dapat dikerjasamakan dengan berbagai potensi keilmuan yang dimiliki Unpad. “Nanti bisa saling melengkapi, bagaimana kita bisa berkontribusi lebih kuat,” ujar Rektor.

Penandatanganan Nota Kesepahaman ini dihadiri Wakil Rektor Bidang Riset, Pengabdian pada Masyarakat, Kerja Sama, dan Korporasi Akademik Unpad Dr. Keri Lestari, M.Si., Apt., Dekan FK Unpad Dr. Yoni Fuadah Syukriani, dr., M.Si., SpF., DFM, Wakil Dekan I FK Unpad Prof. Dr. Dany Hilmanto, dr., SpA(K).*



Laporan oleh Arief Maulana

 

The post Implementasikan Tridarma Perguruan Tinggi, President University Jalin Kerja Sama dengan Unpad appeared first on Universitas Padjadjaran.