Jonah Busch “hutan dapat berkontribusi pada stabilitas iklim dan pembangunan berkelanjutan”

[unpad.ac.id, 10/05/2017] Banyak orang yang memandang remeh  bahwa hutan dapat berkontribusi pada stabilitas iklim dan pembangunan berkelanjutan. Padahal, hutan memiliki peran penting untuk kedua hal tersebut, dan diperlukan aksi nyata untuk pelestarian dan perlindungan hutan dari sekarang.

Senior Fellow Center for Global Development, Washington DC, USA, Jonah Busch, Ph.D saat menjadi pembicara dalam SDGs Center Seminar Series “Why Forests? Why Now” di Auditorium Lantai 1, Gedung Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran, Jl. Dipati Ukur No. 42 Bandung. (Foto oleh : Tedi Yusup)*

Senior Fellow Center for Global Development, Washington DC, USA, Jonah Busch, Ph.D menyampaikan hal tersebut saat menjadi pembicara dalam SDGs Center Seminar Series “Why Forests? Why Now” di Auditorium Lantai 1, Gedung Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran, Jl. Dipati Ukur No. 42 Bandung.

Dalam kesempatan tersebut, Jonah memaparkan hasil penelitian dan gagasannya yang telah ia tuangkan dalam buku berjudul “Why Forests? Why Now?: The Science, Economics, and Politics of Tropical Forests and Climate Change” yang ia tulis bersama Frances Seymour. Buku ini telah diterbitkan pada tahun 2016 lalu.

Jonah mengungkapkan bahwa  saat ini, sains, ekonomi, dan politik dapat berjalan selaras untuk mendukung tindakan terhadap hutan tropis. Untuk itulah tindakan nyata terhadap konservasi hutan penting dilakukan sekarang.

Adapun buku tersebut ia susun untuk mengungkapkan hubungan deforestasi dengan perubahan iklim, yang diharapkan informasi ini dapat diakses oleh semua kalangan. Selain itu, Jonah juga ingin mengajak sejumlah negara untuk meningkatkan pendanaan dalam konservasi hutan tropis.

Seminar ini dibuka oleh Direktur SDGs Center Unpad, Prof. Armida S. Alisjahbana dan dimoderatori oleh dosen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Unpad, Parikesit, Msc., PhD. Acara ini diikuti oleh sejumlah mahasiswa Pascasarjana dari berbagai program studi.

Dalam sambutannya, Prof. Armida mengapresiasi positif buku karya Frances Seymour dan Jonah Busch ini. Menurutnya, buku ini menarik karena bukan hanya mengkaji lingkungan dari perspektif ilmu kehutanan saja.

“Buku ini sangat tepat, karena melihat dari perspektif politik, ekonomi, dan sains.” Ujar Prof.Armida.

Laporan oleh: Artanti Hendriyana/wep

The post Jonah Busch “hutan dapat berkontribusi pada stabilitas iklim dan pembangunan berkelanjutan” appeared first on Universitas Padjadjaran.