Kantor Kearsipan Unpad Gelar Lokakarya Kearsipan

[unpad.ac.id, 16/8/2018] Sebanyak  160 peserta mengikuti  Lokakarya “Aktualisasi Arsiparis Universitas Padjadjaran dalam Pengembangan Kearsipan Perguruan Tinggi” yang digelar Kantor Kearsipan Universitas Padjadjaran di Saung Bali, Desa Margaluyu, Kecamatan Tanjungsari, Sumedang, Rabu (15/8).

Para tenaga kependidikan fungsional arsiparis mengikuti pemaparan dari Kepala Kantor Kearsipan Unpad Drs. Sudarma, M.M., dalam Lokakarya “Aktualisasi Arsiparis Universitas Padjadjaran dalam Pengembangan Kearsipan Perguruan Tinggi” di Saung Bali Desa Margaluyu Kecamatan Tanjungsari, Sumedang, Rabu (15/8).

Lokakarya yang dihadiri pembina kearsipan Unpad Prof. Dr. Nandang Alamsah Deliarnoor, S.H., M.Hum., secara resmi dibuka Kepala Kantor Kearsipan Unpad Drs. Sudarma., MM. Dalam sambutannya, Sudarma menyampaikan bahwa jabatan fungsional adalah jalan untuk membawa ke arah profesional dan merupakan  ujung tombak suatu lembaga untuk bisa berkembang.

Acara ini digelar untuk meningkatkan pemahaman para fungsional arsiparis tentang tugas dan fungsinya. Para arsiparis diharapkan dapat mengembangkan diri dan aktif meningkatkan kompetensinya.

Lokakarya ini diisi dengan pemateri dari para fungsional arsiparis di Unpad, yaitu Sudarma, N.R. Anita Trikusumawati, M.M., Ope Destrian, M.I.Kom., dan Wawat Setiawati. Materi  yang disampaikan meliputi pembinaan dan pengembangan SDM, hukum dan peraturan perundang-undangan, budaya dan etika, serta sarana prasarana dan pendanaan kearsipan.

Ditemui di sela acara, pembina Prof. Nandang mengatakan bahwa di era revolusi industri 4.0, para arsiparis Unpad harus membekali diri dengn berbagai pengetahuan, baik yang eksplisit maupun tacit. Untuk itu, para arsiparis harus mengikuti perkembangan zaman serta meningkatkan pengetahuan dan aktualisasi diri.

Dalam lokakarya ini, Kantor Kearsipan Unpad juga memberikan penghargaan berupa penyematan pin kepada para pengelola arsip dari berbagai fakultas yang dianggap berjasa dan berkomitmen dalam menjalankan tugasnya.  Mereka adalah Wiwi Widaningsih, Nandang Sunardi, Entin Kuraesin, Nana, Sholeh, Heni Rohaeni, dan Yana Herdiana.

Melalui kegiatan ini diharapkan silaturahmi antar arsiparis Unpad dapat terus berlanjut melalui ikatan Jabatan Fungsional  Arsiparis di Unpad,sehingga diharapkan akan terbentuk kebersamaan  dan kolaborasi yang baik bagi para arsiparis. *

Rilils/am

The post Kantor Kearsipan Unpad Gelar Lokakarya Kearsipan appeared first on Universitas Padjadjaran.