Karamba FPIK Unpad Gelar Restocking di Bendungan Rentang Jatitujuh Majalengka

[unpad.ac.id, 31/08/2017] Bertepatan dengan peringatan Hari Pramuka yang jatuh pada 14 Agustus, Karamba (Komunitas Mahasiswa Budidaya) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Padjadjaran untuk pertama kalinya mengadakan kegiatan “Restocking”.  Kegiatan ini merupakan cara untuk meningkatkan produktivitas ikan dengan memperbaiki stok hingga tingkatan menghasilkan hasil tangkapan yang lestari, sebagaimana dikutip dari berbagai sumber.

Tim Karamba FPIK Unpad saat melakukan kegiatan “Restocking” Bendungan Rentang Kecamatan Jatitujuh, Kabupaten Majalengka.*

Kegiatan Restoking ikan ini digagas oleh Kepala Desa Randegan Wetan Kecamatan Jatitujuh yaitu Bapak Sunata dan para dosen FPIK Unpad yaitu Prof. Yayat Dhahiyat, Dr Zahidah dan Ujang Subhan, Msi. Kegiatan ini sudah dilakukan ke 2 kalinya yaitu pada tahun lalu dan tahun ini. Kegiatan ini juga telah sukses dilaksanakan berkat dukungan Dekan FPIK Unpad yaitu Dr. Ir. Iskandar, M.Si.

Dalam rilis yang diterima Humas Unpad, Restocking dapat pula disebut dengan penebaran ikan. Penebaran digunakan untuk menambahkan jumlah ikan yang memang sudah ada sebelumnya di perairan tersebut. Kegiatan ini dilakukan di Bendungan Rentang Kecamatan Jatitujuh, Kabupaten Majalengka. Adapun ikan yang ditebar sebanyak 100.000 ekor ikan Nila dan ikan Nilem.

Dalam kegiatan ini, Karamba tidak berdiri sendiri, ada beberapa pihak yang memang bekerja sama yaitu seperti Balai Pelestarian Perikanan Perairan Umum Ikan Hias (BPPPUIH) Cianjur dan Pramuka Kuartir Rentang Jatitujuh. Terdapat sejumlah 1000 orang peserta yang hadir, terutama anak pramuka. Mayoritas peserta yang hadir merupakan seorang pelajar dari SD hingga SMA.

Acara dimulai pukul 08.00 WIB dengan melakukan upacara terlebih dahulu untuk memperingati Hari Pramuka, dengan diikuti oleh seluruh anak Karamba dan pihak BPPPUIH Cianjur yang hadir untuk membantu. Setelah selesai, dilanjutkan dengan penebaran ikan di pinggir Bendungan. Penebaran tersebut diikuti pula oleh seluruh anak pramuka, Camat Jatutujuh yaitu Drs.Yoyo, dan ketua Kwartir Ranting Pramuka Kecamatan Jatiujuh yaitu Didi Sunandi, S.Pd.

Adapun tujuan Restocking ini dilakukan yaitu untuk meningkatkan produktivitas serta melestarikan ikan yang sudah ada. Bukan hanya itu, dibarenginya kegiatan ini dengan Jambore Jatitujuh Majalengka, berharap dapat sekaligus memberikan pembelajaran kepada pelajar agar selalu menjaga sumber daya yang ada, salah satunya yaitu keberadaan ikan yang harus dilestarikan agar tidak terjadi kepunahan dan potensi ikan tersebut dapat dikembangkan.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat baik jika bisa berkelanjutan untuk ke depannya dan semoga bukan hanya Bendungan Rentang Jatitujuh saja, tapi Karamba mampu memperluas wilayah ke perairan lainnya untuk dilakukannya kegiatan Restocking guna mempertahankan kelestarian ikan,” ujar Arif Rochman, ketua Karamba FPIK Unpad.

Harapan terbesar dari kegiatan Restoking ini adalah dapat dijadikannya agenda rutin kerja sama antara FPIK Unpad yaitu Komunitas Mahasiswa Budidaya (Karamba) dengan Diskanlut provinsi dan Dinas Majalengka, Dinas pendidikan (Provinsi dan kabupaten majalengka), dan Kwartir Pramuka Serta Komunitas Masyarakat bendungan Rentang.*

Rilis/am

 

The post Karamba FPIK Unpad Gelar Restocking di Bendungan Rentang Jatitujuh Majalengka appeared first on Universitas Padjadjaran.