Kelompok KKN Unpad Pasang Panel Energi Surya di Cimalaka, Sumedang

[unpad.ac.id, 11/02/2018] Mahasiswa program Kuliah Kerja Nyata Universitas Padjadjaran di bawah arahan dosen pembimbing dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Prof. Bernard Y. Tumbelaka memasang Panel Energi Tenaga Surya untuk penerangan jalan umum (PJU) di lingkungan Kantor Kecamatan Cimalaka, Kabupaten Sumedang, Rabu (9/5).

Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Padjadjaran dengan dosen pembimbing Prof. Bernard Y. Tumbelaka memasang Panel Energi Tenaga Surya untuk penerangan jalan umum (PJU) di lingkungan Kantor Kecamatan Cimalaka, Kabupaten Sumedang, Rabu (9/5).*

Sebelum pemasangan panel energi tenaga  surya, terlebih dahulu diadakan pelatihan tentang energi tenaga surya yang diikuti oleh para Kepala Desa, pegawai kecamatan, anggota BPD Kecamatan Cimalaka, Polsek, Koramil, anggota PKK, serta tokoh masyarakat. Sebagian besar peserta pelatihan menyambut baik pelatihan ini karena di wilayah kecamatan Cimalaka banyak jalan tidak memiliki penerangan jalan umum sehingga rawan akan kecelakaan dan tindak kejahatan.

“Secara kebetulan pembimbing kami adalah dosen dari Departemen Teknik Elektro FMIPA Unpad, makanya pengabdian kepada masyarakatnya mahasiswa memasangan panel energi surya untuk penerangan jalan umum,” ungkap salah seorang mahasiswa, Marsya, dalam rilis yang diterima Humas Unpad.

Lebih lanjut Marsya mengungkapkan bahwa sebelumnya mahasiswa telah mendata sejumlah fasilitas umum keperluan masyarakat Cimalaka secara keseluruhan, termasuk fasilitas kesehatan dan tempat ibadah.

Sementara itu, Prof. Bernard mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari program Unpad Nyaah ka Jabar. Dalam program tersebut, kegiatan KKN dan pengabdian kepada masyarakat diintegrasikan, sehingga lebih sinergi dan bermanfaat  bagi masyarakat.

Camat Cimalaka H. Asep Aan Dahlan menyambut baik pemasangan alat tersebut. Pemasangan energi alternatif ini dinilai sungguh tepat, karena di wilayahnya masih banyak jalan yang belum terpasang penerangan jalan umum.

“Yang utama, Listrik tenaga surya tersebut bisa bermanfaat,” harap Asep.*

Rilis: FMIPA Unpad / art

 

 

 

The post Kelompok KKN Unpad Pasang Panel Energi Surya di Cimalaka, Sumedang appeared first on Universitas Padjadjaran.