KKNM Unpad Akan Terintegrasi Program Riset dan PKM Dosen

[unpad.ac.id, 16/11/2017] Pelaksanaan kuliah kerja nyata mahasiswa (KKNM) Universitas Padjadjaran untuk Semester Ganjil 2017/2018 akan terintegrasi dengan pelaksanaan program riset pengabdian kepada masyarakat (PKM). Program pengabdian ini merupakan implementasi dari pemberian hibah riset PKM yang dilakukan Unpad kepada para dosen yang memiliki hibah penelitian internal.

Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Tri Hanggono Achmad saat menjelaskan pola KKN PPM Unpad untuk Semester Ganjil 2017/2018 di hadapan calon dosen pembimbing KKN, di Bale Santika Kampus Unpad Jatinangor, Kamis (16/11). (Foto: Tedi Yusup)*

Rektor Unpad Prof. Tri Hanggono Achmad mengatakan, perubahan konsep KKNM Unpad bertujuan untuk menyelaraskan proses tridarma perguruan tinggi dengan apa yang terjadi di masyarakat. Berbagai perubahan yang terjadi di masyarakat semestinya direspons secara relevan oleh perguruan tinggi.

“Perubahan di masyarakat mestinya jadi pemikiran untuk melakukan respons perubahan akademik agar pendidikannya sesuai dan memberikan dampak kepada masyarakat,” ujar Rektor dalam sosialisasi dan pengarahan calon dosen pembimbing KKN di Bale Santika Kampus Unpad Jatinangor, Kamis (16/11).

Rektor mengatakan, selama ini pelaksanaan KKNM dilaksanakan di desa-desa yang ditunjuk Unpad. Dosen pembimbing lapangan (DPL) bersama peserta KKNM yang merupakan mahasiswa aktif semester 6 melakukan pemetaan terhadap potensi sekaligus kondisi riil di desa lokasi. Selain menggelar program kerja, mahasiswa juga menuangkan berbagai gagasan terkait pengembangan desa melalui laporan yang dibuat setelah KKNM dijalani.

Dalam perkembangannya, selama dua tahun terakhir pelaksanaan KKNM kemudian diintegrasikan dengan program Profesor Masuk Desa. Dengan demikian, para DPL KKNM merupakan guru besar aktif Unpad yang memiliki aktivitas penelitian dan pengabdian di desa-desa.

Selanjutnya, lanjut Rektor, Unpad mendorong para dosen yang memiliki kegiatan pengabdian di masyarakat untuk menjadi DPL KKNM. Program yang dijalankan memiliki keterkaitan antara bidang ilmu dan produk hilirisasinya.

“Kalau dosen sudah punya PKM, pasti terkait dengan masyarakat. Kalau mahasiswa bisa terintegrasi di sana, programnya akan semakin jelas,” ujar Rektor.

Melihat adanya peningkatan jumlah publikasi dosen Unpad sebesar 366 publikasi di jurnal internasional terindeks Scopus per 17 Oktober 2017, Rektor menunjukkan bahwa kinerja penelitian di Unpad terus meningkat. Jika aktivitas ini didorong melibatkan mahasiswa, hal ini akan menjadi tambahan energi bagi universitas.

“Kami dorong KKN pun output-nya di samping menyelesaikan proses pendidikan, ada luaran tulisan akademik,” kata Rektor.

Ada Seleksi Peserta

Direktur Pendidikan dan Kemahasiswaan Unpad Prof. Dr. Wawan Hermawan, M.S., mengatakan, pelaksanaan KKNM Unpad yang saat ini bertajuk KKN PPM Unpad akan dimulai pada 1 Desember 2017 hingga 12 Januari 2018. Satu orang DPL akan membimbing 10—11 mahasiswa, dengan rincian dua orang mahasiswa per satu program studi.

Mekanisme pendaftaran KKNM kali ini berbeda dengan sebelumnya. Mahasiswa tidak lagi memilih lokasi KKNM, tetapi diharuskan memiliki topik PKM yang disediakan. Selanjutnya, para dosen kemudian memilih pendaftar sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan dalam melaksanakan PKM.

Proses pendaftaran KKN PPM dilakukan pada 22—23 November. Selanjutnya, pada 24—26 November, dosen memilih daftar mahasiswa yang sesuai dengan bidang PKM yang akan dilakukan. Pada 28—30 November, peserta KKN PPM mengikuti pembekalan yang dilakukan oleh tiap-tiap dosen pembimbing. Lokasi pelaksanaan pembekalan seluruhnya berdasarkan kewenangan dosen pembimbing.

Pelaksanaan KKN PPM Unpad dilaksanakan di lokasi PKM dosen. Peserta KKN PPM tidak hanya mahasiswa semester 6, tetapi memungkinkan diikuti oleh mahasiswa dari semester 3, 4, dan 5.

Prof. Wawan menjelaskan, para dosen pembimbing akan diberi hibah riset pengabdian masyarakat dari Unpad. Di luar hibah tersebut, Unpad juga memberikan sejumlah dana operasional untuk pelaksanaan KKN PPM.

Direktur Perencanaan dan Sistem Informasi Unpad Mutakin, PhD, mengatakan, proses pendaftaran KKN PPM Unpad dilakukan dengan mengakses portal https://students.unpad.ac.id/. Pada kategori “KKN”, mahasiswa mengklik tanda setuju untuk opsi syarat dan ketentuan. Selanjutnya, mahasiswa memilih topik PKM yang diinginkan. Mahasiswa mendapat kesempatan memilih dua topik.

Dosen pembimbing kemudian menyeleksi nama-nama mahasiswa yang sudah mendaftar berdasarkan topik masing-masing di portal https://staffs.unpad.ac.id/. Jika sudah dipilih dan keluar 10 nama, maka secara otomatis nama-nama yang lolos akan masuk ke grup PPM dosen yang bersangkutan.*

Laporan oleh Arief Maulana

The post KKNM Unpad Akan Terintegrasi Program Riset dan PKM Dosen appeared first on Universitas Padjadjaran.