Kota Bandung dan Kota Suwon Korea Selatan Gelar Pameran Pendidikan Tinggi di Unpad

[unpad.ac.id, 5/4/2018] Universitas Padjadjaran berpartisipasi dalam penyelenggaraan pameran pendidikan Indonesia-Korea Selatan yang digelar di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Kamis (5/4). Pameran ini terselenggara atas inisiasi Pemerintah Kota Bandung dan Pemerintah Kota Suwon, Korea Selatan.

Sejumlah pelajar dan mahasiswa mendatangi stan perguruan tinggi dari Korea Selatan dalam acara Indonesia-Korea Education Fair yang digelar di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Kamis (5/4). (Foto: Tedi Yusup)*

Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Kota Bandung Kamalia Purbani mengatakan, pameran pendidikan ini merupakan implementasi dari kerjasama “Sister City” antara Kota Bandung dan Kota Suwon yang telah dijalin sejak 1997.

“Kita harapkan kerjasama Sister City ini tidak hanya antar pemerintah kota saja, tetapi melibatkan multisektor, termasuk di antaranya perguruan tinggi,” kata Kamalia.

Dalam pameran kali ini, pihak Suwon mendatangkan tiga perwakilan perguruan tinggi, yaitu Kyunghee University, Ajou University, dan Sungkyunkwan University. Sementara Kota Bandung menghadirkan tiga perguruan tinggi, yaitu Unpad, Universitas Kristen Maranatha, dan Telkom University.

Asisten Manajer Suwon Center for International and Cooperation Team Kim Hyun Jung mengatakan, ada banyak hal yang bisa didapat peserta dalam pameran itu. Selain informasi universitas, peserta juga akan mendapat wawasan tentang sistem pendidikan maupun budaya di Korea. Diharapkan hal ini semakin mendorong peserta untuk melanjutkan studi di Korea.

Wakil Rektor bidang Riset, Pengabdian pada Masyarakat, Kerjasama, dan Korporasi Akademik Unpad Dr. Keri Lestari, M.Si., Apt., saat meresmikan pameran mengatakan, pameran ini diharapkan dapat mendorong lahirnya kerjasama antar perguruan tinggi di Bandung dan Suwon khususnya di bidang riset.

“Kerjasama ini sangat penting, menghadapi era revolusi industri 4.0, menjadi world class university saja tidak cukup. Perguruan tinggi harus mampu meningkatkan kapasitas risetnya,” kata Dr. Keri.

Melalui peran Sister City, Dr. Keri juga mengharapkan terjalin kerjasama  yang lebih erat antar perguruan tinggi di Kota Bandung maupun Kota Suwon.









“Bagi peserta pameran, ini menjadi ajang yang baik dalam berkomunikasi dan menambah jejaring,” kata Dr. Keri.

Pameran diisi oleh stan perguruan tinggi dari Kota Bandung dan Kota Suwon yang berpartisipasi pda kegiatan tersebut. Selain membuka stan, setiap perwakilan berkesempatan menyampaikan profil perguruan tingginya.*

Laporan oleh Arief Maulana

The post Kota Bandung dan Kota Suwon Korea Selatan Gelar Pameran Pendidikan Tinggi di Unpad appeared first on Universitas Padjadjaran.