Lolos Pimnas 2017 di Makassar, Empat Kelompok PKM Unpad Lakukan Pemantapan

[unpad.ac.id, 17/08/2017] Sebanyak empat kelompok Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Universitas Padjadjaran lolos untuk mengikuti ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-30 di Universitas Muslim Indonesia (UMI), Makassar, Sulawesi Selatan, 23-28 Agustus mendatang.

Foto bersama empat kelompok PKM Unpad dengan tim fasilitator jelang pelaksanaan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-30 di Universitas Muslim Indonesia, Makassar, 23-30 Agustus.*

Sebagai upaya meraih prestasi yang maksimal, Direktorat Pendidikan dan Kemahasiswaan Unpad telah melaksanakan pemantapan Pimnas yang diikuti oleh tim PKM di Unpad Training Center, Jalan Ir. H. Djuanda No. 4, Bandung, 8 – 10 Agustus lalu. Pemantapan ini mengundang 2 dosen Unpad yang menjadi juri nasional Pimnas, yaitu Dr. Marleen Sunyoto, Ir., M.P., dan Prof. Dr. Wilis Srisayekti.

Dalam rilis yang diterima Humas Unpad, selain dua dosen tersebut, mahasiswa juga diberikan pelatihan presentasi oleh Ade Kadarisman, S.Sos., M.T., serta pelatihan artikel ilmiah oleh Dr. Eva Tuckyta Sari, M.Hum.

Pada hari terakhir pemantapan, dilaksanakan simulasi Pimnas oleh tiga fasilitator, yaitu Dr. Cukup Mulyana, Budi Irawan, M.Si., dan Yanti Rubiyanti, M.Psi. “Berdasarkan penilaian simulasi, anak-anak tersebut sudah mengalami peningkatan cara presentasi. Namun harus dipoles lagi terutama saat menjawab pertanyaan para juri,” ujar Dr. Cukup.

Adapun keempat judul PKM yang lolos tersebut adalah:

“Relevansi Masakan Rendang dengan Filosofi Merantau Orang Minangkabau: Sebuah Kajian Sejarah Kuliner dalam Kaitannya dengan Ekologi dan Budaya” (PKM kategori Penelitian Sosial Humaniora) yang diketuai Hana Hanipah dari Fakultas Ilmu Budaya dengan dosen pembimbing Nani Darmayanti, PhD.

“Pejantan Bageur (Peyeum Ketan Instan, Bawa Seger) Solusi Modernisasi Makanan Tradisional Jawa Barat” (PKM Kewirausahaan) diketuai Putri Raraswati dari Fakultas Farmasi dan dosen pendamping oleh Driyanti Rahayu., S.Si, MT.

“BOM-BOM CAR (Belajar Olah Motorik Melalui Carving) sebagai sarana mengembangkan motorik halus pada siswa SLB BC Fadhilah Sumedang” (PKM Pengabdian kepada Masyarakat) diketuai Umi Latifah dari Fakultas Teknik Geologi dan dosen pendamping Laila Qodariah, M.Psi.

Penanggulangan Silica Scaling dengan Penginjeksian Asam Kuat pada Brine di Pembangkit Listrik Tenaga Geothermal (PKM Penelitian Eksakta) diketuai Moch. Aril Indra dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dan dosen pendamping Dr. Cukup Mulyana, M.S.*

Rilis: Direktorat Pendidikan dan Kemahasiswaan/am

 

The post Lolos Pimnas 2017 di Makassar, Empat Kelompok PKM Unpad Lakukan Pemantapan appeared first on Universitas Padjadjaran.