Mahasiswa Asing Unpad Ikuti Kegiatan Orientasi

[unpad.ac.id, 19/09/2017] Sebanyak 52 orang mahasiswa asing dari 17 negara mengikuti kegiatan Orientasi Mahasiswa Asing Universitas Padjadjaran Tahun Akademik 2017/2018. Para mahasiswa tersebut merupakan mahasiswa peserta program pertukaran mahasiswa, penerima beasiswa Kemitraan Negara Berkembang (KNB) dan penerima beasiswa Darmasiswa. Orientasi tersebut berlangsung mulai hari ini, Selasa (19/9) hingga esok (20/9) yang meliputi pengenalan kampus, keimigrasian dan Kota Bandung.

Para mahasiswa asing Unpad Tahun Akademik 2017/2018 mengikuti kegiatan orientasi di Bale Rucita Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Selasa (19/9). (Foto: Tedi Yusup)

Direktur Tata Kelola dan Komunikasi Publik/Kepala Kantor Internasional Unpad, Ade Kadarisman, S.Sos., M.T., M.Sc., dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang dan selamat bergabung menjadi mahasiswa Unpad. Beliau juga menjelaskan mengenai kiprah Unpad dalam berbagai bidang dan kerja sama yang dilakukan Unpad dalam mengembangkan jejaring dengan berbagai instansi.

“Dengan tagline Unpad ‘From West Java for Indonesia to the World Through Sustainable Develompment’, menjadi semangat bagi kami untuk senantiasa memberi kontribusi kepada dunia,” ujarnya di Bale Rucita, Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Selasa (19/9).

Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Kantor Internasional Ronny, dr., M.Kes., AIFO., Ph.D, juga memaparkan mengenai profil Unpad dan pelayanan Kantor Internasional. Ia juga berharap para mahasiswa asing yang baru bergabung di Unpad ini dapat turut berkontribusi dan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan akademik di lingkungan Unpad.

Pada hari pertama orientasi, peserta juga mendapat pemaparan mengenai regulasi akademik dan kegiatan kemahasiswaan di lingkungan Unpad. Pemaparan tersebut disampaikan oleh Sekretaris Direktorat Pendidikan dan Kemahasiswaan Ahmad Baehaqi, S.Si., MT.  Tidak hanya itu, peserta diberi penjelasan mengenai penggunaan Padjadjaran Authentication System (Paus) Id dan Sistem Administrasi Terpadu (SIAT) Unpad untuk mahasiswa.

Terkait keimigrasian, perwakilan Kantor Imigrasi Kelas I Kota Bandung, James S.J. Sembel memaparkan mengenai kebijakan keimigrasian tentang visa dan izin tinggal bagi pelajar asing yang ada di Indonesia. Ia juga memaparkan kelengkapan administrasi, proses dan tahapan keimigrasian yang harus diketahui bagi para mahasiswa asing tersebut.

Diakhir acara, para peserta diajak untuk melakukan tur kampus dan kunjungan ke lokasi Unit Kegiatan Mahasiswa di lingkungan kampus Unpad, Jatinangor. Keesokan harinya mereka juga akan diajak mengunjungi berbagai lokasi di Kota Bandung seperti Museum Konferensi Asia Afrika dan Museum Geologi. Untuk memperkenalkan budaya Sunda, mereka juga diajak untuk menghadiri pertunjukan musik angklung di Saung Angklung Udjo.

Mahasiswa asing yang mengikuti kegiatan orientasi ini sebagian besar berasal dari China (23 orang), Korea (5 orang), Jepang (3 orang), Jerman (3 orang), Vietnam (2 orang). Selebihnya berasal dari Filipina, Laos, Kamboja, Tanzania, Benin, Uganda, Azerbaijan, Tajikistan, Polandia, Belgia dan Fiji.*

Laporan oleh: Marlia

The post Mahasiswa Asing Unpad Ikuti Kegiatan Orientasi appeared first on Universitas Padjadjaran.