Mahasiswa Baru Unpad Harus Perkuat Nasionalisme dan Bangga Terhadap NKRI

[unpad.ac.id 22/08/2017] Dalam rangkaian acara Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Padjadjaran tahun akademik 2017/2018 pada hari pertama, Senin (21/08) kemarin, mahasiswa baru Unpad mendapat ceramah wawasan kebangsaan oleh Deputi VI Bidang Komunikasi dan Informasi Badan Intelijen Negara (BIN) Dr. Sundawan Salya.

Deputi VI Bidang Komunikasi dan Informasi Badan Intelijen Negara (BIN) Dr. Sundawan Salya saat memberikan ceramah wawasan kebangsaan Dalam rangkaian acara Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Padjadjaran tahun akademik 2017/2018 di Stadion Jati Padjadjaran, Senin (21/08) kemarin. (Foto: Annisa Noor Putri)*

Sundawan menyampaikan pentingnya pemahaman wawasan kebangsaan yang perlu ditanamkan ke mahasiswa. Implementasi nilai-nilai wawasan kebangsaan saat ini sangat bergantung pada generasi muda.

“Tolok ukur baiknya suatu negara dipengaruhi kuat tidaknya identitas yang dimiliki (oleh warga negara),” ujar Sundawan.

Sikap nasionalisme serta pengamalan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945 sangat dibutuhkan untuk memperkuat bangsa. Sikap ini juga harus melandasi keseharian para generasi muda. Untuk itu, Sundawan mendorong agar mahasiswa baru harus memperkuat rasa nasionalisme dan bangga terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam ceramah tersebut, Sundawan juga memandu sepuluh perwakilan mahasiswa baru untuk membacakan term of reference mengenai wawasan kebangsaan.

Selain mendapatkan materi wawasan kebangsaan, mahasiswa baru juga dihibur penampilan kolaborasi UKM Paduan Suara Mahasiswa Unpad dengan budayawan dan penggubah Hymne Unpad R.A. Iwan Abdurachman, atau yang akrab disapa Abah Iwan dan kelompok Grup Pecinta Lagu (GPL) Unpad.

Dalam kolaborasi tersebut, disajikan beberapa aransemen lagu, diantaranya Hymne Unpad, Cingcangkeling, Soleram, dan Paris Barantai. Saat menyanyikan Hymne Unpad, Abah mengajak seluruh mahasiswa baru untuk ikut bernyanyi bersama. Di sela penampilan, Abah Iwan bercerita mengenai proses penggubahan Hymne Unpad.





Beberapa lagu yang dinyanyikan khusus oleh PSM Unpad merupakan lagu yang telah mengantarkan mereka menjadi juara di ajang dunia bergengsi “54th International Competition of Choral Singing” di Spittal an der Drau, Austria, Juli lalu.

Acara PMB hari pertama ditutup dengan penyampaian pesan oleh Rektor Unpad Prof. Tri Hanggono Achmad. Dalam sambutannya, Rektor menyampaikan mahasiswa baru agar tetap semangat dalam segala hal, terutama dalam berkarya untuk bangsa. Selain itu, mahasiswa baru juga diharapkan dapat mengamalkan berbagai materi yang telah didapat.*

Laporan oleh Annisa Noor Putri dan Laila Noor Istiqomah/am

Foto oleh Annisa Noor Putri dan Tedi Yusup

 

The post Mahasiswa Baru Unpad Harus Perkuat Nasionalisme dan Bangga Terhadap NKRI appeared first on Universitas Padjadjaran.