Mahasiswa FTIP Unpad Kembangkan “Snack Bar” Kaya Nutrisi

[unpad.ac.id, 16/7/2018] Lima mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Pertanian Universitas Padjadjaran mengolah singkong menjadi snack bar kaya nutrisi, yaitu “Chocotela”. Mereka adalah Fanny Nur Octaviani, Dini Aulia, Riska Oktafiani, Rifa Nabila, dan Febria Putri, dengan dosen pembimbing Dr. Tita Rialita, S.Si., M.Si.

Lima mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Pertanian Universitas Padjadjaran, Fanny Nur Octaviani, Dini Aulia, Riska Oktafiani, Rifa Nabila, dan Febria Putri, dengan dosen pembimbing Dr. Tita Rialita, S.Si., M.Si., mengembangkan snack bar kaya nutrisi “Chocotela” berbahan dasar singkong dan ketela.*

Chocotela merupakan Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kemahasiswaan yang digagas Fanny dan tim, yang berhasil mendapatkan pendanaan dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI tahun 2018.

Berbeda dengan snack bar pada umumnya yang berbahan dasar serealia dan kacang-kacangan, Chocotela menggunakan bahan dasar singkong sebagai upaya untuk mengembangkan pangan lokal. Chocotela sendiri merupakan singkatan dari cokelat dan ketela.

Chocotela dengan slogan produk ‘Pangan Lokal Rasa Internasional’ berusaha untuk mengembangkan singkong yang merupakan salah satu umbi-umbian di Indonesia. Singkong yang pengolahannya terbatas dan harga jual yang rendah dengan adanya Chocotela diubah menjadi produk kekinian dengan rasa yang lezat dan  kandungan gizi yang baik serta dapat berdaya saing tinggi di pasaran,” kata Fanny dalam rilis yang diterima Humas Unpad.

Dalam produksi, Chocotela memberdayakan pelaku UMKM keripik singkong untuk mengembangkan potensi UMKM di Kecamatan Tanjung Siang Kabupaten Subang – Jawa Barat. Pemilihan pelaku usaha di daerah tersebut didasarkan adanya jenis singkong berkualitas yang diharapkan bisa meningkatkan daya saing di tingkat pasar.

Produk Chocotela yang telah diproduksi sejak Mei 2018 ini diminati oleh banyak konsumen. Selain di sekitar kampus Unpad, produk ini juga telah dipasarkan di Subang, Padang, Indramayu, Tasikmalaya, dan Purwakarta. Sebagian dari keuntungan, didonasikan untuk panti asuhan.

“Chocotela dapat dinikmati oleh anak-anak hingga dewasa, dan dapat dijadikan sebagai snack yang baik bagi orang yang memiliki aktivitas yang tinggi yang memang tidak sempat untuk sarapan,” ujar Fanny.

Chocotela juga juga dapat dipesan melalui akun Instagram @chocotela_bar dan official account LINE @rfk3599t .*

Rilis/art

 

The post Mahasiswa FTIP Unpad Kembangkan “Snack Bar” Kaya Nutrisi appeared first on Universitas Padjadjaran.