Mahasiswa HI Unpad Raih Beasiswa ke Kolombia

[unpad.ac.id, 15/01/2018] Mahasiswa program studi Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Padjadjaran, Randi Herdiansyah, menjadi perwakilan Indonesia dalam program “Español como Lengua Extranjera (ELE) Foro de Cooperación América Latina y Asia del Este (FOCALAE)” yang digelar oleh Kementerian Luar Negeri Kolombia Juli-November 2017 lalu.

Randi Herdiansyah.*

Ketertarikannya terhadap kawasan Amerika Latin serta ditunjang dengan sejumlah prestasi dan pengalaman membuat Randi berhasil melewati proses seleksi yang sangat ketat. Ia menjadi satu dari 74 penerima beasiswa program yang berasal dari negara-negara di kawasan Asia Pasifik. Selain fasih berbahasa inggris, Randi juga memiliki kemampuan dasar berbahasa spanyol. Randi juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial.

“Saya sangat bersyukur dan merasa sangat terhormat untuk dapat mewakili Indonesia dan berada diantara para penerima beasiswa se-Asia Pasifik untuk mempelajari dan mendalami kemampuan bahasa spanyol di negara yang menakjubkan ini,” ujarnya dalam rilis yang diterima Humas Unpad.

Selain disambut hangat oleh Kedutaan Besar Indonesia di Kolombia, Randi diundang oleh Menteri Luar Negeri Kolombia, María Ángela Holguín, di Kantor Kediamannya di Bogota. Tak hanya itu, Randi dan delegasi lainnya mendapatkan undangan spesial untuk bertemu dan berbincang langsung dengan Presiden Kolombia, Juan Manuel Santos, dan diberi kesempatan untuk menjelajah megahnya Istana Kepresidenan, Casa de Nariño, di Bogota.

Setelah mengikuti program orientasi program selama seminggu di Bogota, Randi berkesempatan untuk mendalami bahasa spanyol selama empat bulan, dari bulan Juli hingga November 2017, di salah satu institusi pendidikan terbaik di Kolombia, Universidad de Caldas. Ia juga menjalankan berbagai aktivitas lain seperti menjadi English Teaching Assistant, menjadi tim research internationalization, dan mengikuti berbagai kegiataan kebudayaan disana.

Di akhir program, Randi mengikuti ujian sertifikasi dan evaluasi internasional untuk bahasa spanyol, Servicio Internacional de Evaluación de la Lengua Española (SIELE) dan mendapatkan hasil yang memuaskan.*

Rilis/art

The post Mahasiswa HI Unpad Raih Beasiswa ke Kolombia appeared first on Universitas Padjadjaran.