Mahasiswa Humas Fikom Unpad Juara 1 PR Campaign Retorikalbis 2018

[unpad.ac.id, 15/01/2018] Rianto dan Putri Salma Suhardi, mahasiswa program studi Hubungan Masyarakat Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran berhasil meraih juara 1 di ajang “Retorikalbis 2018” dalam cabang lomba PR Campaign. Kompetisi ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (Himik) Kalbis Institute, di kampus Kalbis Institute, Jakarta Timur, 10-13 Januari 2018 lalu.

Mahasiswa program studi Hubungan Masyarakat Fikom Unpad, Rianto dan Putri Salma Suhardi pemenang juara 1 di ajang “Retorikalbis 2018” di Kalbis Institute, Jakarta, 10-13 Januari lalu.*

Dalam kompetisi ini, Rianto dan Putri yang tergabung dalam Tim Astrajingga membuat proposal dan poster destination branding dari tempat wisata tersembunyi yang ada di Indonesia.

“Kami awalnya membuat proposal dan poster mengenai destination branding Pantai Rancabuaya yang ada di Garut. Alhamdulillah, kami dinyatakan lolos ke final dan berhak mempresentasikan gagasan kami di hadapan dewan juri,” kata Rianto dalam rilis yang diterima Humas Unpad.

Lebih lanjut Rianto mengungkapkan, berdasarkan data dari Pemerintah Kabupaten Garut, jumlah kunjungan wisatawan ke pantai Rancabuaya masih kalah jika dibandingkan dengan pemandian air panas di Cipanas maupun wisata pantai Santolo. Selain itu, pendapatan Pemkab Garut dari retribusi tiket masuk pantai Rancabuaya selalu berada di bawah target.

“Kita memilih Rancabuaya karena pantai itu sebenarnya memiliki potensi yang bagus jika dipromosikan lebih baik. Namun, jika melihat kondisi saat ini, pantai tesebut perlu diberi sentuhan branding yang terencana dan melibatkan banyak pihak dalam menyukseskannya,” tutur Putri.

Tim Astrajingga menggagas pantai yang dijadikan lokasi syuting film Perahu Kertas ini sebagai tempat yang romantis dan penuh cinta. “Konon ‘kan di sana tuh dulunya banyak buaya. Jadi namanya Rancabuaya. Menurut penelitian, buaya itu adalah hewan yang setia. Jadi kita ingin pantai tersebut menjadi destinasi makhluk Tuhan yang setia,” tambah Rianto.

Dengan pemandangan matahari terbenam yang eksotis, pantai dan suasana yang indah, Tim Astrajingga mengusulkan pantai Rancabuaya menjadi destinasi wisata yang menarik.

“Dengan potensi yang ada, kami ingin menjadikan siapapun yang datang ke Pantai Rancabuaya merasakan cinta. Tidak hanya cinta kepada sesama makhluk Tuhan, tapi juga kepada lingkungan dan kebudayaan yang ada di sana,” sambung Putri.

Selain PR Campaign, ada beberapa cabang perlombaan lainnya yang digelar di Retorikalbis 2018, yaitu lomba News Presenter, Vlog, TV Program, dan Documentary Expo.*

Rilis/art

The post Mahasiswa Humas Fikom Unpad Juara 1 PR Campaign Retorikalbis 2018 appeared first on Universitas Padjadjaran.