Mahasiswa Unpad Gagas Ide Plastik Ramah Lingkungan

[unpad.ac.id, 10/7/2018] Persoalan pengelolaan sampah, khususnya sampah plastik masih menjadi salah satu pekerjaan rumah bagi Indonesia. Hal ini mendorong tiga mahasiswa Unpad, Nandha Afrilandha (Fakultas Pertanian 2014), Yoga Trianzar Malik (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam/FMIPA 2014), dan Annisa Luthfiah (FMIPA 2017) melakukan penelitian untuk dapat memproduksi plastik ramah lingkungan dari selulosa rami.

Tiga mahasiswa Unpad melakukan penelitian untuk memproduksi plastik ramah lingkungan, “Bio-Plasmic”.*

“Bio-Plastic Multifunction” atau “Bio-Plasmic” merupakan nama dari produk inovasi tersebut. Produk ini berhasil membawa Nandha, Yoga, dan Annisa menjadi salah satu kelompok yang lolos didanai dalam Program Kreativitas Mahasiswa 5 Bidang yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI. Program pada skema PKM Penelitian Eksakta ini dibimbing oleh dosen Fakultas Pertanian Unpad, Dr. Pujawati Suryatmana, Dra., MP.

Nandha dan tim berharap bahwa dengan adanya produk ini akan mengurangi jumlah produksi plastik yang sulit untuk diuraikan atau didegradasi dalam tanah. Dengan demikian, permasalahan sampah di Indonesia dapat segera teratasi. Produk ini pun diyakini aman jika dikonsumsi oleh biota perairan.

“Produk ini merupakan alternatif lain yang harapannya dapat menggantikan atau mengurangi produksi plastik berbahan polimer sintesis. Bahan yang digunakan dalam membuat Bio-Plasmic ini berasal dari selulosa rami, sehingga produk ini dapat teruraikan lebih cepat atau biodegradable dibandingkan dengan plastik biasanya. Selain itu, produk ini juga dapat dikonsumsi atau edible oleh biota perairan, contohnya ikan,” jelas Nandha dalam rilis yang diterima Humas Unpad.*

Rilis/art

The post Mahasiswa Unpad Gagas Ide Plastik Ramah Lingkungan appeared first on Universitas Padjadjaran.