Mahasiswa Unpad Rancang Loker Helm Anti Maling

[unpad.ac.id, 6/7/2018] Tiga mahasiswa Universitas Padjadjaran, Mochammad Iman Fahri, Aulia Ramadhita, dan Fatan Aufa Ahdiy membuat prototipe loker penyimpanan helm berbasis Radio Frequency Identification (RFID). Loker yang dinamakan Sistem Anti Maling Helm Berbasis RFID atau “Teman Malem Sisri” ini dibuat untuk meningkatkan pengamanan helm di tempat parkir umum.

Loker penyimpanan helm antimaling berbasis RFID yang dikembangkan Mochammad Iman Fahri, Aulia Ramadhita, dan Fatan Aufa Ahdiy, tiga mahasiswa Universitas Padjadjaran.

“Ide ini bermula atas keresahan mengenai banyaknya kasus pencurian helm di tempat umum sehingga dibutuhkan alat yang bisa digunakan untuk menyimpan helm secara aman,” kata Aulia dalam rilis yang diterima Humas Unpad.

Penggunaan RFID sebagai basis utama pengaman memungkinkan pengguna loker untuk membukanya dengan sebuah kartu pintar khusus. Pengguna tinggal menyentuhkan kartu pintar pada pembaca sistem loker untuk membuat pintu loker tebuka. Kartu tersebut hanya bisa digunakan pada satu loker tertentu.

“Pada dasarnya, Teman Malem Sisri merupakan loker yang dilengkapi dengan kunci otomatis dan pembaca kartu RFID. Selain itu, loker Teman Malem Sisri ini juga memberikan perlindungan ganda bagi tempat penitipan helm karena pada loker tersemat kunci yang hanya dapat dibuka oleh satu kartu RFID dan juga memiliki standar pengamanan helm yang mumpuni,” kata Iman.

Menurut Iman dan tim, tempat penitipan helm konvensional yang saat ini banyak berada di tempat umum seringkali menimbulkan human error. Untuk itu, dibutuhkan tempat penyimpanan helm yang dapat meminimalisasi kekurangan dari sistem penitipan helm konvensional.

Diharapkan, Teman Malem Sisri dapat menjadi solusi dari sulitnya mencari tempat penyimpanan helm yang aman dan nyaman. Selain itu, prototipe ini dapat menjadi salah satu alat yang dapat menjaga kelengkapan berkendara di lingkungan sekitar serta menjadi salah satu upaya dukungan untuk mengampanyekan keselamatan berkendara dan tertib lalu lintas.

Teman Malem Sisri merupakan hasil karya Iman, Aulia, dan Fatan dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Karsa Cipta, yang berhasil mendapatkan pendanaan dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI.

Rilis/art

The post Mahasiswa Unpad Rancang Loker Helm Anti Maling appeared first on Universitas Padjadjaran.