Masuki Purnabakti, Delapan Profesor Unpad Sampaikan Kuliah Kehormatan

[unpad.ac.id, 13/12/2017] Memasuki masa purnabakti, delapan profesor Unpad menyampaikan kuliah kehormatan di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jln. Dipati Ukur No. 45 Bandung, Rabu (13/12). Kuliah tersebut disampaikan berdasarkan kepakaran dari masing-masing profesor.

Sejumlah profesor Universitas Padjadjaran menyampaikan kuliah kehormatan dalam rangka memasuki masa purnabakti yang digelar di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Rabu (13/12). Profesor tersebut diantaranya, Prof. Dr. Ir. Soeparna, M.S., Prof. Dr. dr. Hendro Sudjono Yuwono, SpBV (K), Prof. Dr. dr. Endang Sutedja, Sp.KK (K), Prof. Dr. dr. Ambrosius Purba, MS, AIFO, Prof. Dr. dr. M Nurhalim Shahib, Prof. Dr. dr. M. Thaufiq Siddiq Boesoirie, MS. Sp THT-KI(K), Prof. Dr. Juke Roosjati Siregar, M.Pd., Prof. Dr. sc.agr. Ir. Tino Mutiarawati. (Foto: Tedi Yusup)*

“Sesuai dengan kepakaran masing-masing, para profesor berkenan menyampaikan Kuliah Kehormatan yang merupakan pemikiran serta hal-hal penting yang sebagian sudah dilaksanakan semasa bertugas, dan sebagian lagi mungkin masih menjadi cita-cita yang ingin dilanjutkan oleh para juniornya,” ungkap Ketua Dewan Profesor Unpad, Prof. Dr. Sutyastie Soemitro Remi, SE, MS.

Prof. Sutyastie mengungkapkan bahwa acara tersebut merupakan bentuk apresiasi bagi para guru besar yang memasuki masa purnabakti di tahun 2017. Kegiatan yang sebelumnya dilaksanakan di setiap fakultas, kini dilaksanakan secara terintegrasi di tingkat universitas.

“Dengan harapan ini merupakan wujud dari kebersamaan,” harap Prof. Sutyastie.

Tahun ini, Unpad mengantar 9 profesor yang memasuki masa purnabakti, delapan diantaranya menyampaikan kuliah kehormatan pada acara tersebut.

“Kami haturkan terima kasih yang tidak terhingga atas seluruh tridarma yang telah dikontribusikan baik kepada sivitas akademika Universitas Padjadjaran maupun masyarakat dan bangsa Indonesia,” ucap Prof. Sutyastie.

Para profesor yang menyampaikan kuliah kehormatan yaitu Prof. Dr. Ir. Soeparna, M.S., dengan materi “Penerapan Bioteknologi Reproduksi Ternak Dalam Rangka Meningkatkan Sumber Protein Hewani di Indonesia”; Prof. Dr. dr. Hendro Sudjono Yuwono, SpBV (K) dengan materi “Peran Utama Nabati dalam Bidang Kesehatan Fisik dan Mental”; Prof. Dr. dr. Endang Sutedja, Sp.KK (K), Prof. Dr. dr. Ambrosius Purba, MS, AIFO, yang menyampaikan materi “Bugar Jasmani dan Rohani Sepanjang Hayat Agar Tetap Produktif”.

Selanjutnya, Prof. Dr. dr. M Nurhalim Shahib menyampaikan kuliah dengan materi “Kontribusi Ilmu Kedokteran Dasar dalam Menunjang Kesehatan Nasional melalui Penelitian Biologi Molekuler”; Prof. Dr. dr. M. Thaufiq Siddiq Boesoirie, MS. Sp THT-KI(K) dengan materi “Analisis Nilai Filsafat Ilmu di dalam Al Quran”; Prof. Dr. Juke Roosjati Siregar, M.Pd., dengan materi “Pola Pikir dan Era Globalisasi”; dan Prof. Dr. sc.agr. Ir. Tino Mutiarawati dengan materi “Budidaya Tanaman Asparagus sebagai Tanaman Setahun di Daerah Tropis”.















Dalam kesempatan tersebut, Rektor Unpad Prof. Tri Hanggono Achmad mengharapkan bahwa pengalaman para profesor tersebut dapat mendorong hal yang lebih baik lagi. Diharapkan, kegiatan Kuliah Kehormatan ini dapat menjadi forum inspirasi dan pembelajaran bagi generasi selanjutnya.

“Melihat tantangan yang ada, selalu kami mengharapkan adanya kontribusi yang tidak berhenti sampai disini saja,” harap Rektor.*

Laporan oleh Artanti Hendriyana/am

The post Masuki Purnabakti, Delapan Profesor Unpad Sampaikan Kuliah Kehormatan appeared first on Universitas Padjadjaran.