Masyarakat dan Media Diminta Mengawal Proses Pemilihan Rektor Unpad

[unpad.ac.id, 1/8/2018] Perwakilan anggota Majelis Wali Amanat dan Panitia Pemilihan Rektor Universitas Padjadjaran 2019-2024 melakukan kunjungan ke kantor Pikiran Rakyat, Jalan Asia Afrika No. 77, Bandung, Rabu (1/8). Kunjungan dilakukan untuk menyosialisasikan rangkaian kegiatan Pemilihan Rektor (Pilrek) Unpad yang akan dimulai awal Agustus ini.

Panitia Pemilihan Rektor Universitas Padjadjaran 2019-2024 bersama Sekretaris Eksekutif Majelis Wali Amanat Unpad Prof. Dr. Erri Megantara, M.S., melakukan kunjungan ke kantor Pikiran Rakyat, Jalan Asia Afrika No. 77, Bandung, Rabu (1/7). (Foto: Arief Maulana)*

Sekretaris Eksekutif MWA Unpad Prof. Dr. Erri Megantara, M.S., mengatakan, sosialisasi dilakukan mengingat proses pemilihan rektor kali ini berbeda dengan pemilihan sebelumnya. Dengan berubahnya status Unpad sebagai PTN Badan Hukum, tata kelola ,dan proses pemilihan pun disesuaikan dengan statuta PTN BH.

“Jika dulu pilrek dilakukan oleh Senat Universitas, maka sekarang bergeser oleh MWA,” kata Prof. Erri.

(baca: Unpad Gelar Pemilihan Rektor Periode 2019-2024)

Pada tahun ini pula, lanjut Prof. Erri, pihaknya melakukan pendaftaran calon rektor secara terbuka. Dengan demikian, masyarakat dari luar Unpad memiliki kesempatan untuk mendaftar sebagai calon Rektor. Namun, ada sejumlah persyaratan tertentu yang harus dipenuhi oleh calon pelamar.

Persyaratan tersebut meliputi minimal bergelar Doktor, minimal memiliki jabatan akademik sebagai Lektor Kepala yang berasal dari perguruan tinggi dalam negeri yang sudah terakreditasi atau perguruan tinggi luar negeri yang diakui kementerian terkait.

Prof. Erri mengatakan, pendaftaran terbuka ini memungkinkan memunculkan calon dari berbagai wilayah di Indonesia. Meski demikian, calon rektor memiliki kepedulian terhadap budaya Sunda dan kemajuan Jawa Barat.

Untuk itu, pihaknya mengharapkan berbagai media dapat menyosialisasikan lebih luas terkait ajang pemilihan rektor Unpad ini. Masyarakat diharapkan dapat memberikan masukan terkait kualitas calon pelamar untuk kemajuan Unpad selanjutnya.

Kunjungan tersebut diterima secara resmi oleh Pemimpin Redaksi Pikiran Rakyat Rahim Asyik Fajar Awanto, Wakil Pemimpin Redaksi Pikiran Rakyat Erwin Kustiman, serta Redaktur Biro Pendidikan Pikiran Rakyat Ida Farida.

Selain Prof. Erri, turut hadir Ketua Panitia Pemilihan Rektor (PPR) Unpad 2019-2024 Prof. Dr. Hj. Diana Harding, M.Si., Wakil Ketua PPR Prof. Yanyan M. Yani, serta para anggota PPR Unpad.

Sementara itu, Rahim mengapresiasi kunjungan yang dilakukan oleh MWA dan PPR Unpad. Pihaknya siap mengawal proses pemilihan rektor mulai dari pendaftaran hingga pemilihan yang akan digelar Oktober mendatang.

“Kita harus merangkul lebih banyak pihak untuk memberikan perhatian lebih kepada pemilihan rektor Unpad,” kata Rahim.

Dalam kunjungan itu pula, Prof. Diana menjelaskan lebih lanjut mengenai mekanisme pemilihan Rektor. Mekanisme tersebut meliputi penjaringan bakal calon dan seleksi administratif, pemeriksaan kesehatan, uji kompetensi, penetapan calon rektor, proses pemilihan dan penetapan rektor, hingga pelantikan rektor baru pada April 2019 mendatang.*

Laporan oleh Arief Maulana

 

The post Masyarakat dan Media Diminta Mengawal Proses Pemilihan Rektor Unpad appeared first on Universitas Padjadjaran.