Masyarakat Diminta Siap Hadapi Era Revolusi Industri 4.0

[unpad.ac.id, 2/7/2018] Memasuki revolusi industri 4.0, bukanlah hanya terkait kesiapan teknologi, tetapi juga kesiapan masyarakat untuk menghadapinya. Revolusi industri tahap empat ini terjadi di berbagai bidang, termasuk pertanian.

Associate Professor of Data Analytics Trinity Business School, The University of Dublin, Republik Irlandia Dr. Bhakti Stephan Onggo SFHEA saat menyampaikan kuliah umum “Improving Data Literacy and Research Method in the Social Sciences to Anticipate the Fourth Industrial Revolution” di Student Center Fakultas Pertanian Unpad Jatinangor, Senin (2/7). (Foto: Tedi Yusup)*

Hal tersebut disampaikan Dr. Bhakti Stephan Onggo SFHEA selaku Associate Professor of Data Analytics Trinity Business School, The University of Dublin, Republik Irlandia, saat menyampaikan kuliah umum “Improving Data Literacy and Research Method in the Social Sciences to Anticipate the Fourth Industrial Revolution”. Acara digelar di Student Center Fakultas Pertanian Unpad Jatinangor, Senin (2/7).

“Jika industri pertanian di Indonesia ingin kompetitif di dunia global, maka hal penting yang harus diingat adalah kita tidak lagi berkompetisi dengan sesama petani dari dalam negeri, melainkan berkompetisi dengan petani dari berbagai negara. Kita adalah komunitas global,” katanya.

Untuk itu, diperlukan adaptasi dari proses bisnis untuk menyesuaikan dengan perubahan pasar, termasuk melalui supply chain. Ia menyebutkan, pada industri pertanian 4.0, ada konektivitas yang lebih kuat dari setiap pelaku industri pertanian, mulai dari industri hulu hingga hilir.

Bhakti juga menyebutkan bahwa dalam revousi tahap empat, hal yang paling penting dalam menghadapinya adalah mengenai kecerdasan manusia. Menurutnya, memahami data analitik di era industri 4.0 sangat diperlukan.

Selain kuliah umum, acara dilanjutkan dengan Research Workshop dengan pemateri  Dr. Bhakti Stephan Onggo yang digelar Selasa (9/7) besok. Rangkaian acara tersebut dibuka oleh Wakil Dekan Fakultas Pertanian Unpad  Prof. Dr. Ir. Denny Kurniadie, M.Sc.*

Laporan oleh Artanti Hendriyana/am

The post Masyarakat Diminta Siap Hadapi Era Revolusi Industri 4.0 appeared first on Universitas Padjadjaran.