Memperkuat Persatuan dan Kesatuan Bangsa Lewat “Harmoni Indonesia 2018”

[unpad.ac.id, 5/8/2018] Kegiatan bernyanyi bersama “Harmoni Indonesia 2018” digelar serentak di 34 kota di seluruh Indonesia pada Minggu, (5/8). Di Bandung, kegiatan ini dikoordinatoriUniversitas Padjadjaran dan digelar di area Taman Cikapayang, Jalan Ir. H. Djuanda.

Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Tri Hanggono Achmad bersama Penjabat Gubernur Jawa Barat Komjen M. Iriawan serta segenap pimpinan kepolisian daerah Jabar, Kodim III Siliwangi, pemprov Jabar, dan masyarakat umum bernyanyi bersama dalam kegiatan “Harmoni Indonesia 2048” yang digelar di Taman Cikapayang, Jalan Ir. H. Djuanda, Bandung, Minggu (5/8). (Foto: Tedi Yusup)*

Dibantu Komando Daerah Militer III/Siliwangi, Kepolisian Daerah Jawa Barat, dan Pemprov Jawa Barat, acara ini diikuti oleh sejumlah pimpinan, dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan di lingkungan Unpad, prajurit TNI, anggota kepolisian, jajaran sipil di pemerintah provinsi, perwakilan institusi, serta masyarakat umum.

Acara ini dihadiri langsung Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Komjen M. Iriawan, Kapolda Jawa Barat Irjen Agung Budi Maryoto dan Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Tri Hanggono Achmad.

Tepat pukul 08.00 WIB, acara ini menyiarkan siaran langsung “Harmoni Indonesia 2018” yang terpusat di Jakarta. Di Jakarta, acara ini dihadiri langsung Presiden RI Ir. Joko Widodo.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa kegiatan “Harmoni Indonesia 2018” digelar untuk menyemarakkan 73 tahun kemerdekaan Republik Indonesia. Selain itu, menjelang digelarnya Asian Games 2018 di Indonesia, Presiden juga mengajak seluruh elemen bangsa menyemangati para atlet nasional melalui acara ini.

“Dengan Harmoni Indonesia 2018, kita harapkan semangat persatuan, kerukukan, dan kebangsaan kita bisa kita berikan dan semangati semua. Agar kita paham bahwa persatuan dan nasionalisme adalah aset terbesar bangsa,” jelas Presiden.

Usai sambutan Presiden, acara dilanjutkan dengan bernyanyi bersama. Dipandu konduktor Addie MS, seluruh peserta akan bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya, Satu Nusa Satu Bangsa, Mars Garuda Pancasila, Rayuan Pulau Kelapa, serta Bagimu Negeri.*





















Laporan oleh Arief Maulana

Foto oleh Arief Maulana dan Tedi Yusup

The post Memperkuat Persatuan dan Kesatuan Bangsa Lewat “Harmoni Indonesia 2018” appeared first on Universitas Padjadjaran.