Pelajari Pengelolaan Training Center, Badan Pengelola Usaha Universitas Negeri Gorontalo Kunjungi Unpad

[unpad.ac.id, 19/10/2017] Untuk mengetahui terkait pengelolaan Unpad Training Center, Badan Pengelola Usaha (BPU) Universitas Negeri Gorontalo (UNG) melakukan kunjungan ke Universitas Padjadjaran. Kunjungan ini diterima oleh Wakil Rektor Bidang Tata Kelola, Perencanaan, dan Sistem Informasi Unpad Dr. Sigid Suseno, SH., M.Hum., di ruang Executive Lounge, Gedung 2 Lantai 2, kampus Unpad Jln. Dipati Ukur No. 35, Rabu (18/10) kemarin.

Wakil Rektor Bidang Tata Kelola, Perencanaan, dan Sistem Informasi Unpad Dr. Sigid Suseno, SH., M.Hum., saat menjelaskan mengenai berbagai pengelolaan unit bisnis yang ada di Unpad kepada delegasi UNiversitas Negeri Gorontalo di ruang Executive Lounge, Gedung 2 Lantai 2, kampus Unpad Jln. Dipati Ukur No. 35, Rabu (18/10). (Foto: Arief Maulana)*

“Kami baca kalau pengelolaannya Training Center di Unpad banyak program pelatihannya, maka tujuan kami datang ke Unpad karena Training Center-nya. Tetapi tidak menutup kemungkinan juga ingin ada penjelasan mengenai pengelolaan unit bisnis lainnya,”ungkap Direktur BPU UNG, Meilinda Modjo, MM. Par.

Selain Meilinda, dari pihak UNG juga hadir Kepala Divisi Pengelola Usaha BPU Poppy A. Kadir, MM.Par., Kepala divisi Pengelola Aset BPU Arief Rachman Hakim Abdul, M.Pd., Kepala Divisi SDM dan Konsultasi Bisnis BPU Yumanraya Noho, M.Sc., dan Pejabat Pembuat Komitmen UNG Norman D. Hamidun, S.E.

Sementara dari Unpad, hadir Direktur Tata Kelola dan Komunikasi Publik Aulia Iskandarsyah, M.Psi., M.Sc., PhD., Direktur Keuangan dan Logistik Edi Jaenudin, S.E., Ak., M.Si., dan sejumah staf pengelola Unpad Training Center.

Pada kesempatan tersebut, Dr. Sigid mengungkapkan berbagai pengelolaan unit bisnis yang ada di Unpad, termasuk Unpad Training Center. Pengelolaan unit bisnis ini dilakukan dengan tetap berbasis akademik. Aktivitas bisnis yang dikelola Unpad ini harus dapat mendukung kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat.

“Korporasi bisnis pun harus dapat memfasilitasi kegiatan akademik di Unpad. Bicara usaha, itu hanya bagian integral dari akademik,” ujar Dr. Sigid.

Pengelolaanya pun dijalankan secara profesional. Dalam hal ini, Unpad bekerja sama dengan PT. Mandiri Maslahat Masagi selaku perusahaan korporasi milik Unpad.

Lebih lanjut Dr. Sigid menjelaskan, layanan utama Unpad Training Center adalah sebagai pusat pelatihan. Lebih dari itu, UTC juga memiliki fasilitas penginapan dengan layanan standar hotel. Menurut Dr. Sigid, hadirnya UTC juga dapat mereduksi biaya yang harus dikeluarkan Unpad dengan meminimalisir rapat-rapat di luar kantor yang selama ini menggunakan hotel.

“Ini dua sisi yang dampaknya cukup terasa,” ujar Dr. Sigid.*

Laporan oleh: Artanti Hendriyana

The post Pelajari Pengelolaan Training Center, Badan Pengelola Usaha Universitas Negeri Gorontalo Kunjungi Unpad appeared first on Universitas Padjadjaran.