Pendaftaran hingga Akhir Juni, Unpad Buka Jalur Mandiri Program Sarjana Terapan dan Program Studi di Luar Kampus Utama

[unpad.ac.id, 21/06/2017] Setelah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dilaksanakan, Universitas Padjadjaran membuka pendaftaran jalur mandiri untuk program Sarjana Terapan (Diploma IV), Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) Pangandaran, serta S1 Keperawatan di Kabupaten Garut.

Logo Unpad *

Program Sarjana Terapan Unpad telah dibuka sejak 2016. Tujuan pembukaan program Sarjana Terapan ini akan lebih diarahkan guna memenuhi kebutuhan tenaga profesional yang lebih aplikatif. Saat ini, peluang tenaga tersebut semakin besar dalam dunia kerja. Selain mengisi kebutuhan tenaga profesional, pembuka program Sarjana Terapan akan membuka kesempatan bagi lulusan untuk melanjutkan studi ke Program Pascasarjana Terapan.

Untuk tahun ini, ada 6 program Sarjana Terapan yang dibuka, yaitu Akuntansi Perpajakan (Fakultas Ekonomi dan Bisnis), Administrasi Pemerintahan (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik), Administrasi Publik (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik), Bahasa dan Budaya Tiongkok (Fakultas Ilmu Budaya), dan Manajemen Produksi Media (Fakultas Ilmu Komunikasi), serta prodi Kebidanan (Fakultas Kedokteran).

Sementara PSDKU Pangandaran dibuka berdasarkan komitmen Unpad dalam meningkatkan pembangunan wilayah di Priangan Timur. Dengan adanya perguruan tinggi di suatu wilayah, diharapkan kehidupan ekonomi di wilayah tersebut akan berkembang.

Program studi yang dibuka merupakan prodi yang memiliki relevansi kuat dengan kebutuhan wilayahnya. Selain itu, prodi PSDKU merupakan prodi yang telah dibuka di kampus Jatinangor serta telah terakreditasi A.

Ada lima prodi yang dibuka di PSDKU Pangandaran, yaitu Administrasi Bisnis (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik), Peternakan (Fakultas Peternakan), Ilmu Komunikasi (Fakultas Ilmu Komunikasi), Keperawatan (Fakultas Keperawatan), dan Perikanan (Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan).

Untuk prodi Sarjana Keperawatan di Kabupaten Garut merupakan pengalihan pengelolaan Akademik Keperawatan Garut yang semula dikelola oleh Pemkab kepada Unpad. Hal ini terkait implementasi UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah yang menyebut bahwa kewenangan pengelolaan pendidikan tinggi menjadi milik Pemerintah Pusat.

Pendaftaran program Sarjana Terapan sendiri dibuka pada 18 April hingga 29 Juni mendatang. Sementara pendaftaran PSDKU di Pangandaran maupun Garut dibuka pada 2 Mei hingga 30 Juni. Seluruh pendaftaran berbasis online, dengan mengakses di laman https://pendaftaran.unpad.ac.id/.

Pendaftar Jalur Mandiri merupakan peserta yang sudah mengikuti SBMPTN 2017. Hasil SBMPTN inilah yang akan digunakan untuk proses seleksi program Sarjana Terapan dan PSDKU. Dengan menekankan pada hasil SBMPTN, diharapkan terjaring calon mahasiswa yang berkualifikasi setara dengan program Sarjana Reguler.

Mekanisme pendaftarannya, peserta mengakses ke laman pendaftaran.unpad.ac.id untuk melakukan sign-up ke portal perserta SMUP. Data yang dibutuhkan adalah nama, nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor ponsel, dan alamat email.

Selanjutnya, mengisikan “Password” yang diinginkan untuk login ke portal peserta SMUP. Password harap diingat, karena akan selalu digunakan untuk setiap mengakses/login ke laman portal peserta SMUP.

Peserta akan memperoleh nomor tagihan biaya seleksi SMUP. Klik tombol “Simpan/Print”, setelah mencetak nomor tagihan tersebut selanjutnya peserta membayar tagihan biaya seleksi ke bank yang ditunjuk, yaitu Bank Mandiri. Besaran tagihan untuk program Sarjana Terapan sebesar Rp250.000,00, sedangkan untuk PSDKU sebesar Rp250.000,00.

Tahapan pendaftaran Jalur Mandiri Sarjana Terapan dan PSDKU:

  • Peserta login kembali ke laman pendaftaran (pendaftaran.unpad.ac.id) dengan menggunakan NIK dan Password yang telah dibuat pada saat sign-up (Point 1).
  • Melakukan pengisian form pendaftaran secara online. Untuk mempercepat proses pengisian Biodata online sebaiknya calon peserta sudah mempersiapkan :
  • Nomor Peserta SBMPTN
  • Data pribadi lengkap
  • Data asal pendidikan
  • Pilihan program studi
  • Men-scan pas foto berwarna 3×4 dengan ukuran maksimum 100 kbyte dan format JPG.Pas foto harus menggunakan pakaian dan pose formal.
  • Men-scan Kartu Peserta SBMPTN 2017 dengan ukuran maksimum 100 kbyte dan format JPG.
  • Pengisian Biodata hanya diijinkan SATU KALI saja, dan tidak diberikan fasilitas untuk melakukan perubahan/perbaikan (EDIT) isian Biodata terhadap data yang sudah diisikan secara online.
  • Setelah pengisian biodata online, calon peserta diharuskan untuk mencetak biodata dan pernyataan menggunakan kertas ukuran A4, dan melengkapi isian biodata dan pernyataan tersebut.

 

Pengumuman seleksi akan diumumkan pada 15 Juli 2017.*

The post Pendaftaran hingga Akhir Juni, Unpad Buka Jalur Mandiri Program Sarjana Terapan dan Program Studi di Luar Kampus Utama appeared first on Universitas Padjadjaran.