Pendaftaran Program Sarjana Terapan Dibuka Hingga 10 Juli 2018

[unpad.ac.id, 21/05/2018] Tahun ini Universitas Padjadjaran kembali membuka pendaftaran Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran program Sarjana Terapan / Diploma IV. Mekanisme seleksi yang dilaksanakan berbasis pada hasil nilai Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018.

Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Dr. Arry Bainus, M.A. (Foto: Tedi Yusup)*

“Wajib mengikuti SBMPTN. Jadi untuk D-IV, tidak melalui SBMPTN, tidak bisa (mendaftar),” kata Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Dr. Arry Bainus, M.A, Senin (21/5).

Program studi Sarjana Terapan dibuka untuk program studi Akuntansi Perpajakan (Fakultas Ekonomi dan Bisnis), Administrasi Pemerintahan (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik), Administrasi Publik (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik), Bahasa dan Budaya Tiongkok (Fakultas Ilmu Budaya), Manajemen Produksi Media (Fakultas Ilmu Komunikasi), dan Kebidanan (Fakultas Kedokteran).

Untuk melakukan pendaftaran, para peserta diharuskan mengakses laman pendaftaran.unpad.ac.id untuk mengisi sejumlah data hingga mendapatkan nomor tagihan biaya Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP). Setelah mencetak nomor tagihan, peserta dapat membayar biaya tagihan seleksi ke bank yang ditunjuk.

Selanjutnya, para peserta login kembali ke laman pendaftaran.unpad.ac.id untuk finalisasi pengisian data, termasuk upload kartu peserta SBMPTN 2018.

“Setelah itu kita verifikasi SBMPTN nya, nanti keluar nilainya. Dari situ kita olah. Setelah itu baru ada penetapan kelulusan,” jelas Dr. Arry.

Pendaftaran SMUP Sarjana Terapan dapat dilakukan mulai 12 April 2018  hingga 10 Juli 2018 (batas akhir waktu pembayaran biaya seleksi), dan finalisasi pengisian data online dapat dilakukan hingga 11 Juli 2018. Hasil seleksi akan diumumkan pada 19 Juli 2018.

Program pendidikan vokasional ini akan lebih diarahkan untuk memenuhi kebutuhan tenaga profesional yang lebih aplikatif. Saat ini kepentingan program vokasional semakin kuat seiring dengan kebutuhan tenaga di bidang ini semakin besar.

Bagi para peserta yang lolos seleksi, Dr. Arry berharap dapat menekuni kuliahnya dengan baik. Menurut Dr. Arry, program vokasi saat ini sedang mendapatkan perhatian lebih besar dari pemerintah.

“Sekarang program ini sedang digenjot oleh pemerintah untuk dikembangkan lebih jauh lagi. Di Unpad ini kan baru ada beberapa prodi, dikemudian hari akan dikembangkan prodi-prodi lain, tetapi tetap jalurnya adalah Diploma IV atau Sarjana Terapan, bukan Diploma III,” kata Dr. Arry.

Laporan oleh Artanti Hendriyana/am

 

The post Pendaftaran Program Sarjana Terapan Dibuka Hingga 10 Juli 2018 appeared first on Universitas Padjadjaran.