Pendaftaran SMUP Dibuka, Cermati Persyaratannya

[unpad.ac.id, 16/10/2017] Pndaftaranan Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP) Gelombang II tahun akademik 2017/2018 untuk program Pascasarjana, Profesi, dan Spesialis telah dibuka sejak 12 Oktober lalu. Pendaftaran ini akan ditutup pada 9 November untuk program Spesialis, 23 November untuk program Magister, serta 27 Desember untuk program Profesi.

Prosedur pendaftaran SMUP untuk program Pascasarjana, Spesialis, dan Profesi.*

Koordinator SMUP Unpad, Prof. Muchtaridi, PhD., Apt., mengatakan, khusus program Doktor, pendaftaran dibuka sepanjang tahun. Hal ini menindaklanjuti kebijakan Unpad bahwa pembelajaran program Doktor tidak lagi berbasis aktivitas di kelas, tetapi menitikberatkan pada aktivitas riset (Doctor by research).

Walaupun pendaftaran dibuka sepanjang tahun, awal mulai perkuliahan tetap mengikuti jadwal di kalender akademik Unpad, yaitu Februari untuk semester genap, dan September untuk semester ganjil. “Kalau dia (calon) daftarnya Februari akhir, berarti dia akan mulai penelitian di bulan September,” ujar Prof. Muchtaridi saat diwawancarai Humas Unpad, Senin (16/10).

Lebih lanjut Prof. Muchtaridi mengatakan, untuk mendaftar SMUP, calon terlebih dahulu mengakses laman smup.unpad.ac.id untuk mengetahui informasi program studi yang dibuka serta persyaratan yang dibutuhkan saat mendaftar. Setelah itu, calon mengakses laman pendaftaran.unpad.ac.id untuk melakukan pendaftaran.

Pada laman pendaftaran, jika calon sudah pernah melakukan registrasi ke Unpad sebelumnya, maka tinggal masuk dengan akun nama pengguna dan kata kunci yang sudah dibuat. Namun, jika belum pernah membuat, calon tinggal mengeklik perintah pembuatan account dengan memasukan informasi data diri yang dibutuhkan.

Saat mendaftar, calon diimbau untuk cermat dan melengkapi semua persyaratan yang diperlukan. “Satu saja dokumen tidak memenuhi syarat, maka pendaftaran tidak bisa diproses,” ujarnya.

Untuk persyaratan sertifikat Tes Kemampuan Belajar Advanced (TKBA) dan Tes Kemampuan Bahasa Inggris (TKBI), hal ini tidak wajib disertakan bagi calon program Doktor. Prof. Muchtaridi menjelaskan, dokumen TKBA dan TKBI bagi program Doktor hanya disertakan jika calon promotor menyarankan.

Bagi calon Magister, Spesialis, dan Profesi, sertifikat TKBA dan TKBI wajib disertakan. Namun, dua sertifikat tersebut bisa diperoleh dari instansi resmi di luar BPIP Psikologi dan Pusat Bahasa Unpad.

“Silakan dimana saja asal itu institusi resmi. Dan apabila calon ketahuan memalsukan sertifikat, maka akan dikeluarkan saat itu juga,” kata Prof. Muchtaridi.

Selain itu, untuk program Magister, Spesialis, dan Profesi, calon wajib memiliki proposal penelitian yang disesuaikan dengan rencana induk penelitian (RIP) Unpad. Khusus untuk program Doktor, calon wajib memilih promotor yang memiliki penelitian aktif. Dengan demikian, rancangan penelitian yang dilakukan terintegrasi dengan proyek penelitian dari calon promotor.

Untuk periode ini, program studi di Fakultas Keperawatan tidak membuka pendaftaran.*

Laporan oleh Arief Maulana

The post Pendaftaran SMUP Dibuka, Cermati Persyaratannya appeared first on Universitas Padjadjaran.