Pendaftaran SNMPTN Dibuka, Pilih Program Studi Sesuai Minat dan Bakat

[unpad.ac.id, 22/2/2018] Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2018 sudah dibuka sejak Rabu (21/2) kemarin hingga 6 Maret 2018 mendatang. Universitas Padjadjaran akan menerima 2.292 mahasiswa dari jalur seleksi ini.

Wakil Rektor bidang Akademik dan Pembelajaran Unpad Dr. Arry Bainus, M.A., saat memaparkan presentasi mengenai profil Unpad serta mekanisme SNMPTN dan SBMPTN di hadapan orang tua siswa SMA Negeri 5 Bandung, Kamis (22/2). Dalam kesempatan tersebut, Dr. Arry menekankan pendaftar agar jangan salah pilih program studi. (Foto: Arief Maulana)*

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad, Dr. Arry Bainus, M.A. mengatakan bahwa ketika mendaftar, sangat penting untuk hati-hati dalam memilih program studi. Jangan sampai memilih program studi yang tidak sesuai minat dan bakat calon mahasiswa.

“Sebagian besar kegagalan di universitas, seperti drop out atau mengundurkan diri, itu karena siswa itu mengikuti pendidikan di perguruan tinggi tidak sesuai dengan minat dan bakatnya, tapi karena kemauan dari orang tua. Saya sangat mendorong, biarkan siswa itu yang mengembangkan bakat dan minatnya,” kata Dr. Arry saat melakukan sosialisasi SNMPTN dan SBMPTN kepada orang tua siswa,  di SMAN 5 Bandung, Kamis (22/02).

Untuk itu, peran orang tua sangat diperlukan untuk mengenal lebih dalam minat dan bakat anak, serta mencari tahu lebih banyak mengenai program studi di perguruan tinggi yang diminati.

“Orang tua mengarahkan dengan baik, tetapi bukan intervensi. Kalau mereka tidah tahu atau tidak memahami prodi tertentu, kita bantu mencari tahu,” ujar Dr. Arry.

Selain itu, perhatikan juga tingkat keketatan program studi di beberapa tahun terakhir. Angka keketatan merupakan perbandingan antara jumlah peminat dengan daya tampung. Dengan memperhatikan tingkat keketatan, diharapkan calon peserta memiliki strategi yang tepat untuk menentukan urutan pilhan program studinya.

Selain mengenai seleksi calon mahasiswa baru, pada kesempatan tersebut Dr. Arry juga menyampaikan mengenai profil Unpad, seperti sejarah, lokasi kampus, akreditasi, fasilitas penunjang pendidikan, pusat-pusat unggulan, program pendidikan, sejumlah prestasi mahasiswa, serta pengenalan fakultas dan program studi.

Tahun ini, Unpad akan menerima mahasiswa Sarjana dari SNMPTN (38%) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (62%). Untuk tahun ini, jalur mandiri hanya dibuka untuk calon mahasiswa Sarjana Terapan atau Diploma IV.

“Jalur mandiri itu tidak ada tesnya, hanya registrasi, lalu nilainya diambil dari hasil hasil nilai SBMPTN,” jelas Dr. Arry.*

Laporan oleh Artanti Hendriyana/am

 

The post Pendaftaran SNMPTN Dibuka, Pilih Program Studi Sesuai Minat dan Bakat appeared first on Universitas Padjadjaran.