Perguruan Tinggi Didorong Kerja Bersama

[unpad.ac.id, 17/08/2017] Tujuh puluh dua tahun merdeka, Indonesia masih dihadapkan pada persoalan kualitas sumber daya manusia. Sebagian besar tenaga kerja di Indonesia memiliki tingkat pendidikan rendah dan terkategori tenaga kerja tidak terlatih. Ini tentu saja menjadi tantangan, bukan hanya bagi produktivitas ekonomi, juga memengaruhi daya saing Indonesia di tingkat regional dan global.

Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Tri Hanggono Achmad saat menjadi Inspektur Upacara Peringatan HUT ke-72 Republik Indonesia di Halaman Kampus Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Kamis (17/08). (Foto: Tedi Yusup)*

Demikian disampaikan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI Prof. Mohamad Nasir, dalam sambutan Peringatan Hari Proklamasi ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia. Sambutan tersebut dibacakan Rektor Unpad Prof. Tri Hanggono Achmad selaku inspektur upacara yang digelar di halaman Kampus Iwa Koesoemasoemantri Unpad, Jln. Dipati Ukur No. 35, Bandung, Kamis (17/08).

Menjawab tantangan tersebut , perguruan tinggi didorong menjaga stabilitas akademik. Ini berarti, perguruan tinggi harus membangun peningkatan relevansi, kualitas, dan kuantitas sumber daya manusia yang berpendidikan tinggi sesuai dengan target yang ingin dicapai Kemenristekdikti.

Saat melaksanakan aktivitas Tridharma, perguruan tinggi harus mampu membangun budaya akademik. Menristekdikti merinci, pembangunan budaya tersebut meliputi budaya antiplagiat, budaya keilmuan, budaya kampus yang bersih antikorupsi, antinarkoba, dan bebas dari faham radikalisme, membangun kesantunan, serta memperteguh jiwa kebinekaan dan Pancasila.

Menristekdikti juga mendorong perguruan tinggi untuk dapat melakukan kerja sama, baik dengan institusi riset dan sektor industri. Kerja sama ini dinilai menjadi strategi dalam meningkatkan nilai tambah hasil penelitian menjadi inovasi dan produk iptek berskala pasar. Di sisi lain, kerja sama ini akan meningkatkan efisienasi dan efektivitas penciptaan inovasi.

Kerja bersama ini diharapkan dapat membangun Indonesia yang maju, berdaulat, mandiri, dan berkepribadian.

Upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia ini diikuti civitas academica dan tenaga kependidikan di lingkungan Unpad. Turut hadir peserta Dosen Magang Kemenristekdikti yang melaksanakan magang di Unpad.

Bertindak sebagai pembaca naskah Pembukaan UUD 1945 adalah Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Dr. Nina Djustiana, drg., M.Kes., serta pembaca doa oleh Dekan Fakultas Teknologi Industri Pertanian Dr. Edy Suryadi, Ir., M.T.*

Laporan oleh Arief Maulana

















 

The post Perguruan Tinggi Didorong Kerja Bersama appeared first on Universitas Padjadjaran.