Perguruan Tinggi Ikut Andil dalam Membangun Perikanan dan Kelautan Berkelanjutan

[unpad.ac.id, 19/02/2018] Memilik potensi sumber daya perikanan dan kelautan yang melimpah, Indonesia semestinya dapat  berkontribusi secara signifikan pada pencapaian salah satu poin Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) nomor 14 mengenai kelautan dan perikanan. Pembangunan sektor perikanan pun tidak bisa hanya fokus di bidang perikanan saja, melainkan sangat ditentukan pada ekosistem dan berbagai sektor lainnya.

Sekretaris Utama Bappenas sekaligus Ketua Umum ISPIKANI, Dr. Ir. Gellwyn Yusuf, M.Sc., saat memberikan kuliah umum di acara Kuliah Perdana Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unpad bertema “The Future of Fisheries and Marine Resources” di Bale Sawala, Gedung Rektorat Unpad, kampus Jatinangor, Senin (19/02). (Foto: Tedi Yusup)*

“SDGs 14, merupakan salah satu komitmen global, yang mana Indonesia mampu berkontribusi lebih signifikan seharusnya, dengan posisinya sebagai negara kepulauan terbesar dengan potensi sumber daya ikan yang sangat melimpah sebagai bahan pangan,” kata Sekretaris Utama Bappenas sekaligus Ketua Umum ISPIKANI, Dr. Ir. Gellwyn Yusuf, M.Sc., dalam acara Kuliah Perdana FPIK Unpad bertema “The Future of Fisheries and Marine Resources” di Bale Sawala, Gedung Rektorat Unpad, kampus Jatinangor, Senin (19/02).

Pembangunan sektor perikanan juga perlu didukung oleh semua pihak, dan ditingkatkan pertumbuhannya menjadi sektor andalan. Salah satu pihak yang harus ikut terlibat dan bertanggung jawab dalam pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan adalah akademisi.

“Sangat kita harapkan memberikan input ilmiah dan advokasi bagi pelaksanaan SDGs,” ujar Dr. Gellwyn.

Perguruan tinggi pun diharapkan menjadi center of excellence dalam pencapaian SDGs. Dr. Gellwyn pun mengapresiasi telah berdirinya SDGs Center di Unpad. Peran Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan pun diharapkan dapat lebih kuat lagi untuk mendukung tercapainya SDG nomor 14.

Selain itu, diperlukan juga jaringan center of excellence kelautan dan perikanan di setiap provinsi untuk mengawal upaya pencapaian SDGs.  “Komunitas akademisi perikanan sangat kita harapkan perannya dalam menjalin network untuk keberhasilan bersama,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, turut hadir pula sebagai pembicara Ketua Komunitas Migas Indonesia, S. Herry Putranto, Chief Ex. Officer PT. Jardin Lloyd Thompson, Sabam Hutajulu, PhD, dan Presiden Direktur Pt. Gani Arta Dwi Tunggal, Budiprawira Sunadim.

Acara dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Riset, Pengabdian Pada Masyarakat, Kerja Sama, dan Korporasi Akademik Unpad Dr. Keri Lestari, S.Si., M.Si., Apt. Dalam kesempatan tersebut, dilakukan juga pengukuhan pengurus cabang Ikatan Sarjana Perikanan Indonesia Jawa Barat periode 2018-2022.

Laporan oleh Artanti Hendriyana/am

The post Perguruan Tinggi Ikut Andil dalam Membangun Perikanan dan Kelautan Berkelanjutan appeared first on Universitas Padjadjaran.