Popy Rufaidah, PhD Raih 3 Penghargaan Akademik di Bangkok, Thailand

[unpad.ac.id, 4/7/2018] Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran Popy Rufaidah, MBA, PhD, menyabet tiga gelar penghargaan internasional di ajang “15th World Congress of Academy for Global Business for Advancement (AGBA)”, di kampus National Institute of Development Administration (NIDA), Bangkok, Thailand, Senin (2/7) hingga Rabu (4/7).

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran Popy Rufaidah, MBA, PhD, menerima penghargaan dari Board of Trustee Academy for Global Business for Advancement (AGBA) Prof. Norman Wright di ajang 15th World Congress of Academy for AGBA, di kampus National Institute of Development Administration (NIDA), Bangkok, Thailand, Senin (2/7) hingga Rabu (4/7).*

Tiga penghargaan tersebut antara lain AGBA Distinguished Scholar, AGBA Best Paper Award, dan AGBA Best Paper Undergraduate Research Paper Award. Untuk penghargaan AGBA Best Paper Award diberikan kepada Popy atas presentasi risetnya yang berjudul “Measuring Nation Branding as Perceived by SMEs” dalam kongres tersebut.

Riset ini mengukur tentang identitas suatu negara dari perspektif pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah. Riset dilakukan kepada 250 pelaku usaha di bidang mode, kuliner, hingga jasa lainnya dari 27 kota/kabupaten se-Jawa Barat.

Popy menjelaskan, setiap pelaku usaha diminta menilai Indonesia berdasarkan 6 indikator, yaitu: pariwisata, ekspor, tata kelola, investasi, kondisi kehidupan, serta masalah kualitas sumber daya manusia.

“Rekomendasi dari penelitian tersebut adalah pemerintah Indonesia agar dapat mengidentifikasi indikator-indikator yang dapat membentuk citra positif negara Indonesia di mata publik, sehingga investor bisa meningkatkan pilihan investasi di Indonesia berdasarkan indikator tersebut,” ujar Popy saat diwawancarai Humas Unpad, Rabu (4/7).

Penelitian ini dinilai positif tim penilai yang terdiri dari Prof. Norman Wright (Board of Trustee AGBA), Prof. Jafar U. Ahmed (President AGBA), Prof. Gary L. Frankwick (University of Texas el Paso), dan Dr. Viput Ongsakul (Dekan NIDA). Penghargaan diberikan langsung Prof. Norman Wright bersama tim penilai lainnya kepada Popy.

Penghargaan AGBA Distinguished Scholar diberikan berdasarkan penilaian positif dari kepemimpinan akademik Popy Rufaidah dalam meningkatkan kualitas mahasiswa. Hal ini terlihat perolehan penghargaan AGBA Best Paper Undergraduate Research Paper Award kepada Popy dan Annisa Alifa Khair, mahasiswa program studi Manajemen Unpad yang juga menjadi mahasiswa bimbingannya.

Penghargaan tersebut diberikan atas penelitian skripsi berjudul “The Effect of Country of Origin and National Image on Consumer Trust” yang dilakukan Annisa bersama Popy. Hasil penelitian yang masuk dalam kongres tersebut akan dipublikasikan dalam jurnal terindeks Scopus.

AGBA sendiri merupakan asosiasi profesional di bidang bisnis ekononmi, kewirausahaan, teknologi informasi, dan pariwisata. Asosiasi ini berpusat di Amerika Serikat dengan beranggotakan lebih dari 1000 orang dari 50 negara di dunia.*

Laporan oleh Arief Maulana

 

The post Popy Rufaidah, PhD Raih 3 Penghargaan Akademik di Bangkok, Thailand appeared first on Universitas Padjadjaran.