Pranata Laboratorium Pendidikan FTG Unpad Jadi Penyaji Terbaik di Konferensi Geosains, Malaysia

[unpad.ac.id, 27/12/2018] Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) Sedimentologi Fakultas Teknik Geologi Universitas Padjadjaran, Anisa Ulfatu, terpilih sebagai salah seorang Best Presenter pada International Conference on Geosciences (ICG) 2018, di Kinabalu, Sabah, Malaysia, 13-14 Desember 2018 lalu.

Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) Fakultas Teknik Geologi Universitas Padjadjaran Anisa Ulfatu, meraih penghargaan sebagai penyaji terbaik atau “Best Presenter” pada International Conference on Geosciences (ICG) 2018, di Kinabalu, Sabah, Malaysia, 13-14 Desember 2018 lalu. (Foto: Tedi Yusup)*

“Awalnya kaget juga karena dari awal tidak tahu dan mengharapkan adanya penghargaan ini. Tapi Alhamdulillah, mudah-mudahan jadi motivasi kedepannya,” ujar Anisa saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (27/12).

Anisa terpilih meraih penghargaan tersebut atas penelitiannya berjudul “Foraminifera Biostratigraphy and Paleoenvironment of the Halang Formation in the Pasir River Succession, Banyumas, Central Java (Palentology)”.

“Penelitian tentang penentuan umur batuan dilihat dari fosilnya, juga lingkungan keterdapatan si batuan tersebut,” ungkap Anisa.

Dari penelitian tersebut, Anisa dan tim berupaya untuk mengetahui umur batuan dan perkiraan kondisi lingkungan saat pembentukan batuan tersebut. Batuan diambil dari Kali Pasir, Banyumas, yang termasuk dalam Formasi Halang.

Diharapkan Anisa, hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi perkembangan peneltian foraminifera biostratigraphy dan paleoenvironment, khususnya pada Formasi Halang.

Acara tersebut digelar atas kerja sama Fakulti Sains dan Sumber Alam Universiti Malaysia Sabah dengan Fakultas Teknik Geologi Unpad, dan diikuti oleh sejumlah akademisi dan praktisi dari Indonesia dan Malaysia. Tema yang diangkat yaitu “Earth Science for Sustainable Environment”. Pada kesempatan tersebut, sebanyak 40 pemakalah terpilih untuk mempresentasikan hasil penelitiannya.

Pada acara tersebut, bertindak sebagai pembicara kunci Guru Besar UMS Prof. Dr. Shariff A. K. Omang dan Guru Besar FTG Unpad Prof. Dr. Mega Fatimah Rosana.*

Laporan oleh Artanti Hendriyana/am

The post Pranata Laboratorium Pendidikan FTG Unpad Jadi Penyaji Terbaik di Konferensi Geosains, Malaysia appeared first on Universitas Padjadjaran.